Soal ”Halal Darah” Dipolisikan

Soal ”Halal Darah” Dipolisikan

Ilustrasi Andi Pangerang Hasanuddin ancam bunuh Muhammadiyah.-Ilustrasi: Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Akhirnya peneliti BRIN Andi Pangerang Hasanuddin dipolisikan Ketua Hukum PP Pemuda Muhammadiyah Nasrullah pada Selasa, 25 April 2023. Itu buntut komentar Andi di Facebook: ”Halalkan darah semua Muhammadiyah”. Polisi masih mempelajari.

TUDUHANNYA, dugaan fitnah, pencemaran nama baik, dan ujaran kebencian.

Nasrullah kepada pers, Selasa, 25 April, mengatakan, ”Intinya, beberapa hari itu viral dan cukup menyakitkan warga Muhammadiyah. Sehingga mau tidak mau kami mengambil langkah hukum.”

Postingan yang disoal diunggah 23 April 2023. Di kolom komentar, di akun FB milik mantan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin. Tapi, yang berdebat Andi dan Ahmad Fauzan. Soal tidak selaras penetapan Idulfitri antara pemerintah dan Muhammadiyah. 

Begini: 

Tangkapan layar 1. Thomas Djamaluddin: Aflahal Mufadilah Ya. Sdh tidak taat keputusan pemerintah, eh masih minta difasilitasi tempat shalat ied. Pemerintah pun memberikan fasilitas.

Ahmad Fauzan S: AP Hasanuddin perlu saya mention Pak L.T Handoko ngga? biar dia tahu kelakuanmu ngancam membunuh orang Muhammadiyah (emot tertawa)

Tangkapan layar 2. AP Hasanuddin: Ahmad Fauzan S Sekalian Muhammadiyah meski masih jadi saudara seiman kami, rekan diskusi lintas keilmuan tapi kalian sudah kami anggap musuh bersama dalam hal anti-TBC (takhayul bidengah churafat) dan keilmuan progresif yg masih egpsektoral. buat apa kalian berbangga2 punya sekolah dan rs yang lebih banyak dibandingkan kami kalau hanya untuk egosentris dan ego sektoral saja?

Tangkapan layar 3. AP Hasanuddin: Ahmad Fauzan S saya tak segan2 membungkam kalian Muhammadiyah yang masih egosentris. udah disentil sama pak thomas, pak marufin dkk kok masih gak mempan

Ahmad Fauzan S: AP Hasanuddin Takuut... Pak Thomas Djamaluddin tuh kelakuan anak buah bapak di BRIN, emang dia siapa pak? kok bisa menghalalkan darah orang (emot tertawa) cc Hendro Setyanto dan mas Mutoha Arkanuddin tolong dibina mas anggotanya, masa anggota lembaga Falak NU bisa menghalalkan... (pesan terpotong).

AP Hasanuddin: Ahmad Fauzan S perlu saya HALALKAN GAK NIH DARAHNYA semua muhammadiyah? apalagi muhammadiyah yang disusupi Hizbut Tahrir melalui agenda Kalender Islam Global dari Gema Pembebasan? BANYAK BACOT EMANG!!! SINI SAYA BUNUH KALIAN SATU-SATU. SILAKAN LAPORKAN KOMEN SAYA DENGAN ANCAMAN PASAL PEMBUNUHAN!!! SAYA SIAP DIPENJARA. SAYA CAPEK LIHAT PERGADUHAN KALIAN!

Akhirnya viral. Tangkapan layar dibagikan ke mana-mana.

Wartawan menghubungi Thomas Djamaluddin perihal itu. Thomas mengakui, komentar-komentar itu ada di akun Facebook (FB) miliknya. Tapi, yang berdebat Andi dan Fauzan.

Kemudian, Andi Pangerang Hasanuddin minta maaf pada Selasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: