Mengulang Memori Manis di Kamboja, Timnas U-22 Indonesia vs Filipina di Laga Perdana SEA Games 2023

Mengulang Memori Manis di Kamboja, Timnas U-22 Indonesia vs Filipina di Laga Perdana SEA Games 2023

Witan Sulaeman saat berlatih di The Dream Visakha Training Camp, Phnom Penh pada Jumat (28/4)-PSSI-

TIMNAS U-22 Indonesia akan memulai perjalanan di SEA Games 2023. Garuda Nusantara menjalani laga perdana babak grup melawan Filipina pada Sabtu, 29 April 2023, di Olympic Stadium, Phnom Penh, pukul 16.00 WIB. Di atas kertas, Indonesia memang diunggulkan atas Filipina. 

 

Dalam sembilan pertemuan di ajang SEA Games, Indonesia tidak pernah tumbang dari Filipina. Hasilnya, Indonesia delapan kali menang dan sekali imbang. Indonesia telah menjebol gawang Filipina total 24 kali. Pertemuan terakhir di SEA Games 2021 dimenangkan Indonesia dengan skor 4-0. Sebaliknya, Filipina baru menyarangkan empat gol.

 

”Saya tidak bisa banyak berkomentar teknis tentang pertandingan melawan Filipina. Hampir semua tim di grup ini adalah lawan yang harus kami respons secara baik. Bagaimana responsnya? Harus tunggu di 2 x 45 menit,” ujar pelatih Indra Sjafri dalam jumpa pers pada Jumat, 28 April 2023.

 

Bagi Indra, Kamboja memiliki kenangan manis. Ia pernah membawa Indonesia menjuarai Piala AFF U-22 2019. Itu juga menjadi gelar pertama Indra saat berlaga di luar negeri. Apalagi, lokasi pertandingannya juga sama-sama di Olympic Stadium. 

 

Tentu Indra melihat beberapa perbedaan setelah empat tahun berlalu. ”Saya terkesan setelah datang pada 2019. Saat ini yang membedakan adalah lapangannya sangat bagus. Dulu memakai rumput sintetis. Saat tadi (kemarin, Red) berkunjung, saya lihat jadi sangat baik,” kata pelatih berusia 60 tahun itu.

 

Meski begitu, Indonesia juga tidak boleh terlalu jemawa. Sebab, dari tiga lawan uji coba sebelum SEA Games, Rizky Ridho dkk memetik hasil kurang memuaskan. Indonesia sekali kalah dan sekali menang atas Lebanon. Lalu, imbang saat melawan Bhayangkara FC.

 

Indonesia mengusung target besar. Yakni, mengakhiri paceklik gelar dalam turnamen level Asia Tenggara itu. Sudah 32 tahun Indonesia tidak bisa menjuarai SEA Games. Terakhir emas diraih pada SEA Games 1991.

 

Indra sendiri nyaris membawa Indonesia juara pada SEA Games 2019. Sayangnya, timnas takluk di laga puncak dari Vietnam. ”Memang kita sudah 32 tahun tidak medali emas, ini jadi misi kami,” ujar mantan pelatih Bali United itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: