Hamilton Belum Puas dengan Upgrade Mobil Mercedes di Balapan F1 GP Azerbaijan

Hamilton Belum Puas dengan Upgrade Mobil Mercedes di Balapan F1 GP Azerbaijan

Hamilton Belum Puas dengan Upgrade Mobil Mercedes di Balapan F1 GP Azerbaijan.--

Pembalap Formula 1 Lewis Hamilton belum puas dengan upgrade mobil Mercedes (W14) di balapan GP Azerbaijan. Hal itu diungkapkan Hamilton seusai menjalani latihan bebas sekaligus kualifikasi untuk balapan Grand Prix, Jumat, 28 April 2023.

Hamilton sendiri berada di posisi kelima saat start GP Azerbaijan, Minggu, 30 April 2023. Ia berada di belakang Carlos Sainz (Ferrari). Sebelumnya, team principal Mercedes Toto Wolff sempat optimistis perubahan yang terjadi pada mobil W14 bakal berdampak signifikan di Sirkuit Baku, GP Azerbaijan. Nyatanya tidak.

Mercedes memang datang ke Baku dengan beberapa upgrade. Mercedes telah memperkenalkan endplate sayap belakang yang telah direvisi untuk mengurangi drag. Namun, ternyata dari sisi kecepatan, Mercedes masih di bawah Red Bull. Max Verstappen mencapai 339,1 km/jam di kualifikasi. Sedangkan Hamilton mencapai 335,5 km/jam.

”Saya tahu Red Bulls akan sangat cepat. Namun, ternyata kami juga tidak menyadari bahwa kami mengalami defisit yang sangat besar di trek lurus,” terang Hamilton.

Namun, hasil kualifikasi di Baku itu tak membuat Hamilton tertekan. Ia justru menyebut hasil tersebut merupakan indikator yang bagus untuk Mercedes. 

”Itu indikator yang bagus. Kami lebih lambat di jalan lurus dan lebih lambat di sektor tengah. Jadi, kami punya banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk memperbaikinya di mobil,” jelas Hamilton.

Hamilton juga yakin, meski start di posisi kelima, dirinya optimistis bisa mengejutkan saat balapan di Baku. ”Saya senang berada di baris ketiga dan saya pikir mudah-mudahan besok kami bisa memiliki pertarungan yang lebih baik.”

Hamilton mengaku sebenarnya ada potensi untuk menikmati sesi kualifikasi yang lebih kuat. Namun, ia tidak pernah merasa nyaman sepenuhnya dengan mobil tersebut.

”Kami berusaha sekeras yang kami bisa, memberikan segalanya di luar sana,” katanya.

Sementara itu, rekan setim Mercedes George Russell mengalami waktu yang lebih mengecewakan. Ia tersingkir dari Q2. Karena itu, ia akan memulai balapan hari Minggu dari posisi ke-11 di grid.

Russell mengatakan, kesalahan yang dirinya buat pada putaran Q2 terakhirnya membuatnya kehilangan kesempatan lolos ke Q3. ”Kami tidak cukup cepat akhir pekan ini,” katanya.(Gunawan Sutanto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: