Rayakan Hardiknas, Ini 5 Rekomendasi Film Bertema Pendidikan

Rayakan Hardiknas, Ini 5 Rekomendasi Film Bertema Pendidikan

PRISIA NASUTION (tengah) memerankan Butet Manurung dalam film Sokola Rimba.-Miles Film-

HARIAN DISWAY – Ditetapkannya Hari Pendidikan Nasional tak lepas dari sosok Ki Hadjar Dewantara. Ia adalah tokoh pelopor pendidikan Indonesia pada masa penjajahan Belanda. Ia lahir pada tanggal 2 Mei 1889 di Yogyakarta dengan nama R.M. Soewardi Soerjaningrat. Karena itu,  2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional. Ngomong-ngomong soal Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), ada lima rekomendasi film yang bertemakan pendidikan. Mana yang belum Anda tonton?

Laskar Pelangi (2008)


CUT MINI THEO (tengah) memerankan ibu guru Muslimah di Laskar Pelangi.-IMDb-

Film yang diadaptasi dari novel berjudul Laskar Pelangi karya Andrea Hirata ini menceritakan perjuangan anak-anak kurang mampu di sebuah desa terpencil di Belitung. Saking terpencilnya daerah mereka, anak-anak itu sulit mengakses pendidikan. Kegigihan anggota Laskar Pelangi akhirnya mengantar mereka mencapai cita-cita. Meskipun sarana prasarananya sangat minim. Dibintangi Cut Mini Theo dan Lukman Sardi, film itu sangat ngehit di eranya. Dan disebut-sebut sebagai film bertema pendidikan terbaik dan paling menyentuh di Indonesia.

Serdadu Kumbang (2011)

Serdadu Kumbang berlatarkan di daerah Sumbawa Barat. Film ini menceritakan tentang Amek, seorang anak SD yang kurang berprestasi. Ia berteman dengan Umbe dan Acan. Ketiganya punya cita-cita tinggi, tetapi tidak lulus Ujian Nasional. Nah, di dekat desa mereka, terdapat sebatang pohon yang disebut Pohon Cita-Cita. Mereka menulis harapan di secarik kertas yang dimasukkan ke dalam botol. Kemudian digantungkan di Pohon Cita-Cita tersebut. Amek dan teman-teman Serdadu Kumbangnya harus berusaha keras untuk bisa lulus ujian dan meraih cita-citanya.



Sokola Rimba (2013)

Film ini diangkat dari kehidupan Butet Manurung, guru dari lembaga konservasi di wilayah pedalaman Jambi. Dia mengajarkan baca tulis kepada anak suku pedalaman yang dikenal dengan Orang Rimba. Suatu ketika, Butet terkena penyakit malaria dan kemudian ditolong oleh seorang anak bernama Bungo. Bungo rupanya sudah lama memperhatikan Butet mengajar. Ia ingin diajari membaca dan menulis. Melihat tekad Bungo yang besar, Butet pun berupaya untuk membantu Bungo dan teman-temannya. Meskipun pada awalnya ditentang oleh penduduk setempat. Di film ini, Butet Manurung diperankan oleh Prisia Nasution.



Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Sebagai film otobiografi Haji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto, film ini mengangkat awal mula kepindahan Tjokroaminoto dari Ponorogo ke Surabaya. Ia disebut guru bangsa karena ia menjadi guru dari para pahlawan nasional. Mulai dari Soekarno hingga Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo. Fokusnya adalah perjuangan Tjokroaminoto yang kerap mengkritik pemerintah Hindia Belanda yang bertingkah semena-mena. Ia mengajarkan murid-muridnya melalui organisasi Sarekat Islam (SI).



Negeri 5 Menara (2012)

Diangkat dari novel karangan Ahmad Fuadi, Negeri 5 Menara berkisah tentang kehidupan baru Alif (Ariyo Wahab) di Pondok Madani di Ponorogo. Mulanya, Alif memiliki cita-cita masuk SMA agar bisa berkuliah di ITB dan menjelajah Eropa. Namun, ibu Alif (Lulu Tobing) ingin Alif menempuh pendidikan di sekolah keagamaan atau pesantren. Alif dengan berat hati menuruti. Seiring waktu, ia berlajar banyak hal di pesantren dan berhasil meraih cita-citanya. Ia berpedoman pada janji Man jadda Wajada. Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil. Ia berhasil membuktikannya.



Itulah 5 rekomendasi film yang bertema pendidikan dari kami. Yuk ditonton. Semoga meningkatkan semangat perjuangan pendidikan di Tanah Air. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: