Selama Ramadhan-Lebaran, 302 Kapal Kargo Pertamina Distribusikan Energi Melalui Jalur Laut

Selama Ramadhan-Lebaran, 302 Kapal Kargo Pertamina Distribusikan Energi Melalui Jalur Laut

Pertamina Logistic mengerahkan 302 unit kapal untuk distribusi selama Ramadhan - Idul Fitri-Foto: Pertamina-

JAKARTA, HARIAN DISWAY -  Selama masa penugasan Satgas Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2023, Pertamina melalui Sub Holding Integrated Marine Logistics berhasil mendistribusikan energi ke wilayah yang membutuhkan. 

Distribusi melibatkan sebanyak 302 kapal kargo meliputi kapal domestik 180 unit dan kapal internasional 24 unit. 

Jumlah kapal salama Satgas RAFI beroperasi ini meningkat 5 unit dari rata-rata normal sebanyak 297 unit kapal kargo pada hari normal. Penambahan tonase terjadi pada BBM sebanyak 3 kapal, LPG satu kapal dan avtur satu kapal. 

Secara keseluruhan, jumlah kapal pengangkut BBM merupakan yang terbesar dengan 197 kapal, disusul LPG 43 kapal, crude oil 30 kapal, avtur 16 kapal, dan selebihnya adalah kapal pengangkut black oil, lube (PRX) dan asphalt. 

BACA JUGA:Kapal Ferry KMP Royce 1 Terbakar di Perairan Selat Sunda. Penumpang Berhasil Dievakuasi

BACA JUGA:Hadapi Timor Leste, Peluang Timnas U-22 Lolos Semifinal SEA Games 2023


Penyaluran BBM Pertamina--

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso mengatakan selama masa Satgas RAFI kebutuhan energi dapat terpenuhi dengan baik dengan dukungan ratusan kapal kargo di jalur laut. 

“Distribusi berjalan dengan baik, seluruh kegiatan operasional pelabuhan meliputi sandar, lepas, keagenan dan terminal, semuanya dapat berjalan dengan baik,” ujar Fadjar.

Fadjar menambahkan, selama masa Satgas RAFI, pengangkutan kapal kargo Pertamina juga dikawal oleh personel TNI untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan.

“Peningkatan pengawasan kargo serta bunker kapal yang dioperasikan oleh Sub Holding Integrated Marine Logistics menempatkan TNI di sebelas kapal, ini untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan,” imbuh Fadjar.

BACA JUGA:Kemenhub Siapkan Rekayasa Lalin dan Bongkar Muat Labuan Bajo Selama KTT ASEAN ke-42

BACA JUGA:Pelunasan Biaya Haji Diperpanjang Hingga 12 Mei

Sementara itu, sepanjang Satgas RAFI 2023 jumlah kendaraan jalur darat meningkat 5,6 persen dibandingkan arus mudik dan balik di tahun 2022. Hal ini turut berkontribusi terhadap peningkatan konsumsi BBM terutama gasoline atau bensin yang meningkat 6,4 persen dibandingkan rerata konsumsi pada Maret 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: