Cheng Yu Pilihan Presiden Direktur PT Amtech Suyono Indra: Le Shan Hao Shi

Cheng Yu Pilihan Presiden Direktur PT Amtech Suyono Indra: Le Shan Hao Shi

Cheng yu Suyono Indra--

TENTU kita patut bersyukur spirit gotong royong dan tolong-menolong yang merupakan ajaran luhur bangsa kita sejak dahulu kala, agaknya masih banyak yang teguh memegang dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Setidaknya ini bisa kita ketahui dari betapa lumrahnya kita jumpai tokoh-tokoh dalam rubrik Cheng Yu Harian Disway yang menjadikan "diberkati untuk menjadi berkat" sebagai pedoman hidupnya. Suyono Indra, presiden direktur PT Amtech dan PT Amiwood, termasuk di antaranya.

Motto tersebut memang terkesan Kristiani, meski sebenarnya semua agama mengajarkan hal serupa --kendati dengan istilah berbeda. 

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Pengusaha Adi Wu: She Ji Wei Ren

Islam, misalnya, punya hadis yang bunyinya, "Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama" (khairunnaas anfa'uhum linnaas). 

Lihatlah kata-kata "bermanfaat bagi sesama" dan "menjadi berkat" itu. Objeknya tidak mengarah kepada pihak-pihak tertentu (umpamanya ke yang seagama, sesuku, sekeyakinan, dan sejenisnya), melainkan kepada siapapun --tanpa direcoki sekat-sekat SARA.

Maklum, sebagaimana ditegaskan Sayyidina Ali, "Mereka yang bukan saudaramu dalam iman, adalah saudaramu dalam kemanusiaan."

Suyono mendapatkan inspirasi laku terpuji demikian dari orang tuanya. "Kebiasaan mereka menolong orang-orang sekitar, menjadi suri teladan bagi saya," ujar Suyono, yang juga berstatus sebagai gembala Gereja Allah Baik House of Prayer, Sidoarjo.

Ayah ibu Suyono sekaligus memberikan kita contoh agar menjadi orang yang diwejangkan papatah Tiongkok, "乐善好施" (lè shàn hào shī): senang menabur kebaikan dan bantuan. (*)

 

Sumber: