Ganjar dan Anies Berebut Muslim di Jatim

Ganjar dan Anies Berebut Muslim di Jatim

Anies Baswedan di acara Haul Habib Soleh di Jember. -Tim Anies Baswedan-

JEMBER, HARIAN DISWAY - Jawa Timur selalu menjadi lahan basah untuk mendulang suara. Apalagi di tahun politik jelang pemilihan presiden (pilpres) 2024 ini. Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo pun sempat berada di Jember dalam waktu bersamaan, Minggu, 7 Mei 2023.

Bahkan, kedua calon presiden itu bermalam di tempat yang sama. Yakni di salah satu hotel di Jalan Sentot Prawirodirjo, Kecamatan Kaliwates, Jember. Anies dan Ganjar juga sama-sama tiba pada pada Sabtu, 6 Mei 2023.

Anies terbang dari Jakarta usai hadir di acara pertemuan Tim 8 Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Sedangkan Ganjar bertolak dari titik yang lebih dekat. Yakni usai safari politik di Kota Pahlawan dua hari sebelumnya.

Dan tentu saja, agenda kedua orang yang tengah disorot di panggung politik nasional itu berbeda. Anies menyambangi Pondok Pesantren Al-Qodiri di daerah Gebang, Jember, pada Sabtu malam. Bersilaturahmi langsung dengan pendiri ponpes, KH Achmad Muzakki Syah.

BACA JUGA:Ganjar Ingin Kunci Jawa Timur

BACA JUGA:Tiga Hari di Jatim, Anies Baswedan Solidkan Relawan dan Partai Pengusung

Pada Minggu pagi, Anies memilih untuk menghadiri salat Subuh berjamaah di Masjid Al Ghofilin. Kepada wartawan, KH Baiquni Purnama, Pengasuh Majelis Sholawat Al Ghofilin mengatakan bahwa Anies tiba di masjid tak lama setelah beberapa menit azan berkumandang. 

Kehadiran mantan gubernur DKI Jakarta itu pun menghebohkan warga. Ia disambut hangat oleh warga di sepanjang gang menuju masjid. Jaraknya sekitar 500 meter.

Menurut Gus Baiqun, warga yang berkumpul itu berasal dari berbagai kecamatan. Anies juga sempat berinteraksi dengan ratusan kiai yang hadir dari seluruh penjuru kecamatan di Kabupaten Jember ini. "Pak Anies sempat memberi sambutan ke jamaah salat Subuh," katanya.

Bahkan, sempat mengobrol dengan para kiai. Namun, Gus Baiqun tak tahu pesan apa yang dititipkan para kiai ke calon presiden (capres) yang diusung Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Di Jember, Anies juga menghadiri acara Haul ke-47 Habib Sholeh bin Muchsin Alhamid di Kecamatan Tanggul. Setelah itu, Anies kembali ke Jakarta. Menghadiri deklarasi Amanat Indonesia (ANIES) organ relawan yang didirikan oleh kader Partai Amanat Nasional di Stadion Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, tadi malam.

Dalam kesempatan tersebut, Anies berharap Jakarta International Stadium (JIS) bisa dijadikan tempat kumpul para relawannya. Mengingat, jumlah relawan yang hadir cukup membeludak.

Maka dari itu butuh lokasi yang lebih luas. Salah satunya, JIS yang tuntas dibangun di masa kepemimpinannya menjabat gubernur ibu kota. Jumlah relawan yang hadir diklaim tembus 10 ribu orang.

"Sepertinya yang hadir melebihi perkiraan. Mungkin kita bisa pakai Jakarta International Stadium. Belum dipakai kan, ya?" ujar Anies dalam sambutannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: