Fakta Seru Guardian of The Galaxy Vol. 3: Pecahkan Rekor Penggunaan Makeup Prostetik Lebih dari 23.000 Unit

Fakta Seru Guardian of The Galaxy Vol. 3: Pecahkan Rekor Penggunaan Makeup Prostetik Lebih dari 23.000 Unit

GENG GUARDIANS, dari kiri, Mantis (Pom Klementieff), Groot (Vin Diesel), Peter Quill (Chris Pratt), Drax (Dave Bautista), dan Nebula (Karen Gillan) dalam salah satu adegan Guardians of the Galaxy Vol. 3.-Marvel Studios-

HARIAN DISWAY – Buat yang sudah nonton Guardians of The Galaxy Vol. 3, pasti dibikin salah fokus oleh visual karakter-karakternya yang unik. Mulai dari yang ’’simpel’’ seperti Mantis (diperankan Pom Klementieff) dan High Eevolutionary (Chukwudi Iwuji). Sampai yang rumit-rumit seperti pasukan penjaga Orgocorp atau penduduk Counter Earth yang setengah hewan.

Tentunya, semua karakter itu menggunakan prostetik. Prostetik adalah seni membuat anggota tubuh buatan. Untuk menciptakan berbagai efek visual yang dibutuhkan untuk mendukung cerita film. Bisa berupa luka-luka, enhancement (tubuh lebih besar, hidung lebih mancung), atau bagian-bagian tubuh yang bentuknya tak umum. Prostetik dari campuran semen gipsum, lateks, gelatin atau silikon yang aman buat kulit manusia.

Nah, dalam Guardians of the Galaxy Vol. 3, untuk menciptakan karakter yang aneh-aneh tadi, tim produksi harus menggunakan lebih dari 23.000 set prostetik untuk 1.000 aktor! Film terbaru Marvel Cinematic Universe (MCU) itu pun memecahkan rekor sebagai film yang paling banyak menggunakan makeup prostetik sepanjang sejarah. Mengalahkan pemegang rekor sebelumnya, The Grinch. Dan tentunya, sangat jauh melebihi film Guardians yang pertama. Yang hanya menggunakan 1.200 unit prostetik.   

BACA JUGA: Tanpa Spoiler, Inilah Keseruan yang Menanti Penonton Guardians of the Galaxy Vol. 3

Dalam film besutan James Gunn ini, tata rias dan rambut ditangani oleh Legacy FX. Sejak awal, tim Legacy sudah tahu bahwa mereka akan bekerja keras dalam Guardians of the Galaxy Vol. 3. Namun, mereka tidak menyangka bahwa hasil karya mereka akan memecahkan rekor.

’’Kami sudah tahu, pasti bakal butuh banyak (prostetik, Red). Baru membaca skenario saja, sudah terlintas dalam pikiran kami bahwa ini akan jadi proyek yang sangat besar,’’ tutur co-founder Legacy FX Lindsay MacGowan kepada Deadline, ketika menghadiri premiere Guardians of the Galaxy Vol. 3 di Hollywood, Los Angeles, 27 April 2023 lalu.

’’Kupikir enggak ada di antara kami yang menyadari seberapa besar pekerjaan yang menanti kami sampai akhirnya masa syuting tiba,’’ tambah dia, lantas tertawa.


CHUKWUDI IWUJI sebagai High Evolutionary mengenakan prostetik yang mengesankan kulit wajahnya ditempelkan begitu saja di muka.di -Marvel Studios-

Cassie Russek dan Alexei Dmitriew berperan penting dalam mewujudkan penampilan tiap karakter. Mereka adalah kepala dari penata rambut dan riasan wajah pada film Guardians of The Galaxy Vol 3. Riasan prostetik itu dibuat menyatu dengan kulit wajah. Dipasang pada bagian kepala dan juga dagu. Membutuhkan waktu lebih dari dua jam untuk menghasilkan riasan karakter High Evolutionary.

Tak lupa pula teknik rahasia dari tim makeup ini sangat berperan besar. Dengan riasan seperti itu, kok bisa para pemain bebas berekspresi dan berbicara dengan natural? Bagaimana mereka mengatasinya? ’’Kami bikin banyak grafis,’’ ungkap Alexei Dmitrew, juga disambung tawa renyah.

’’Semuanya diawali dari sebuah desain. Kami punya tim desain yang besar sekali. Mereka yang merancang ide-ide tampilan tiap karakter di film ini,’’ sambung MacGowan.

Setelah desainnya jadi, proses dilanjutkan dengan memahat dan mencetaknya sesuai dengan bagian-bagian tubuh. Menurut MacGowan, Dmitrew selalu ada di bengkel prostetik. Ia membantu mempersiapkan peralatan dan berdiskusi bersama para tim. ’’Kami membahas, dengan riasan seperti itu bagaimana tim akan mengaplikasikan riasan itu saat syuting nanti? Baru dari situ kami berangkat,’’ dia menjelaskan.


PULUHAN AKTOR yang memerankan penduduk Counter Earth mengenakan bermacam prostetik. -Marvel Studios-

Mereka juga membuat tabel untuk setiap hal yang mereka kerjakan. Lalu menyerahkannya kepada tim Dmitrew dan Russek untuk diaplikasikan pada hari syuting. Fantastis.

Sebagai sutradara, James Gunn benar-benar detail dalam membagi tugas timnya. Dia paham betul kebutuhan apa saja yang dibutuhkan sehingga tervisualisasikan dengan baik. ’’Kami menyusun beberapa katalog untuk dipilih oleh sutradara. Setelah itu kami membaginya sesuai dengan seberapa besar adegan dan jumlah yang dibutuhkan,’’ Dmitriew mempertegas penjelasannya.

Dalam membedah naskah, diperlukan beberapa opsi untuk menghindari situasi yang tidak diinginkan. James Gunn juga meminta timnya agar menyiapkan rencana sebanyak mungkin. Siapa tahu, rancangan mereka tidak sesuai ekspektasi. Misalnya, ternyata para aktor tidak bisa mengenakan riasan tersebut. Entah karena ukurannya tidak pas, atau karena hal lain.

Terlebih lagi, syuting Guardians of the Galaxy Vol. 3 digeber saat angka penderita Covid-19 di AS sedang tinggi-tingginya. Mereka harus melakukan usaha ekstra.

’’Aku bahkan tidak bisa membayangkan bagaimana kalau beberapa aktor sekaligus terkena Covid-19. Maka, dalam sehari, kami menyiapkan sekitar 20 orang (pengganti) untuk berjaga-jaga. Memang begitu faktanya,’’ ungkap Russek. ’’Kami sangat siap akan hal-hal yang mungkin terjadi selama syuting. Jika seseorang tidak dapat hadir, kami sudah menyiapkan pengganti berikut riasannya,’’ lanjut koordinator departemen rias tersebut.

Keren, ya. Buat yang sudah menonton Guardians of the Galaxy Vol. 3, pasti sudah menikmati hasil kerja keras MacGowan dan timnya. Buat yang belum, tunggu apa lagi? Guardians of the Galaxy Vol. 3 masih tayang di bioskop-bioskop Indonesia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: deadline