Keakraban Pemimpin ASEAN di Geladak Kapal Phinisi Ayana Lako

Keakraban Pemimpin ASEAN di Geladak Kapal Phinisi Ayana Lako

Para pemimpin ASEAN di atas geladak Kapal Phinisi Ayana Lako menikmati senja di perairan Labuan Bajo-Media KTT ASEAN ke 42-

MANGGARAI BARAT, HARIAN DISWAY - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyuguhkan suasana senja yang tak terlupakan bagi para pemimpin ASEAN pada puncak gelaran KTT ASEAN ke 42 di Labuan Bajo

Presiden menjamu para Presiden, Raja dan Perdana Menteri di geladak Kapal Phinisi Ayana Lako Di’a yang berlayar pelan mengitari perairan pantai Labuan Bajo sembari menikmati senja Rabu sore, 11 April 2023.  

Jamuan dilaksanakan selepas rangkaian acara sidang pleno dan pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023 di hari yang sama. 

Presiden Jokowi awalnya menunggu rombongan pemimpin ASEAN bersama para pendampingnya tiba di Hotel Meruorah sebelum mobil mereka bertolak ke dermaga Marina Labuan Bajo menuju kapal pinisi yang akan ditumpangi.

BACA JUGA:Indonesia dan Vietnam Kerjasama Berantas Jebakan Perdagangan Orang Secara Daring

BACA JUGA:Para Pemimpin ASEAN Pulang Mulai Hari Ini

Sekitar pukul 16.51 WITA, iring-iringan para pemimpin ASEAN tiba di dermaga Marina Labuan Bajo, dipimpin mobil yang ditumpangi Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana kemudian segera naik ke geladak kapal Phinisi Ayana yang disiapkan untuk menikmati suasana matahari tenggelam, disusul Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah yang tiba didampingi Pangeran 'Abdul Mateen.

Sesudahnya, secara bergantian satu per satu pemimpin ASEAN secara bergantian naik ke geladak kapal. Di atas geladak Ayana Lako, telah disediakan kursi-kursi yang disusun melingkari meja sebagai tempat para pemimpin ASEAN dan pendampingnya untuk bercengkerama menghabiskan senja.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara duduk di kursi paling tengah geladak, tepat bersinggungan dengan tiang utama layar kapal pinisi.

BACA JUGA:Jokowi dan Ibu Negara Nikmati Lagu Gemu Fa Mi Re

BACA JUGA:Jokowi Ajak ASEAN Kuatkan Kolaborasi

Lantas searah jarum jam, duduk mengitari meja adalah Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim bersama pendamping, Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. bersama pendamping, PM Singapura Lee Hsien Loong bersama pendamping, serta PM Timor Leste Taur Matan Ruak bersama pendamping.

Selanjutnya, Deputi PM sekaligus Menteri Luar Negeri Thailand Don Don Pramudwinai, PM Laos Sonexay Siphandone bersama pendamping, Sultan Hasanal Bolkiah bersama Pangeran 'Abdul Mateen, PM Vietnam Pham Minh Chinh, dan PM Kamboja Hun Sen yang tepat bersebelahan dengan Presiden Jokowi melengkapi konfigurasi lingkaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: