Daftarkan Bacaleg ke KPU Jatim, Nasdem Targetkan 19 Kursi

Daftarkan Bacaleg ke KPU Jatim, Nasdem Targetkan 19 Kursi

Kader DPW Nasdem Jatim saat mendatangi kantor KPU Jatim, Kamis, 11 Mei 2023.-Moch Sahirol Layeli-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Nasdem Jawa Timur mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim di Jalan Tenggilis, Surabaya, Kamis 11 Mei 2023.

Sebelum rombongan itu berangkat ke kantor KPU Jatim, mereka mengikuti zoom meeting dengan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, di kantor DPW Nasdem Jatim, Jalan Arjuno, Surabaya. Surya Paloh menyampaikan mandat khusus untuk pengurus partainya di Jatim.

Jatim punya populasi 40 juta jiwa. Sangat menentukan dalam pemilu serentak 2024 nanti. Karena itu, dirinya meminta agar seluruh bacaleg bergerak secara masif. "Kita memiliki target jelas. Sebagai partai muda, komposisi caleg yang disusun akan membawa perubahan Nasdem kedepan," kata Surya Paloh.

Setelah itu, mereka berangkat ke KPU Jatim. Hujan deras sempat mengguyur Surabaya. Untunglah hujan hanya bertahan 10 menit. Sekitar 100 meter dari KPU Jatim, rombongan Nasdem Jatim disambut penampilan reog Ponorogo dan Barongsai.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Nasdem Jatim Suhandoyo mengatakan, Nasdem mendaftarkan bacalegnya secara serendak di seluruh Indonesia . "Di Jatim, kita daftarkan 120 caleg secara utuh," ujar Suhandoyo, dalam konferensi persnya di Kantor KPU Jatim.


Pendaftaran bacaleg Nasdem juga digelar di di KPU Surabaya, Kamis, 11 Mei 2023 -Wawan/Harian Disway-

Dari 120 Bacaleg Jatim ini, 35,3 persen terdiri dari kader perempuan. Jumlah ini tentunya melebihi batas minimal keterwakilan perempuan sebesar 30 persen. "Saya yakin perempuan sangat dibutuhkan untuk memikirkan bangsa ini," katanya.

Ia optimistis bacaleg yang didaftarkan akan membawa Nasdem mendapatkan perolehan kursi yang signifikan. Tahun 2019, partai tersebut hanya punya sembilan kursi di DPRD Jatim. "Targetnya jadi juara. Di provinsi dengan 19 kursi pada 2024" tegas dia.

Target ini, menurutnya sangat realistis. Karena bacaleg yang didaftarkan sudah melalui penjaringan yang selektif dari partai.  "120 orang adalah pilihan rakyat di Jawa  Timur. Kami ambil orang baik," akunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: