Tim Bulu Tangkis Putra Indonesia Rebut Emas SEA Games 2023

Tim Bulu Tangkis Putra Indonesia Rebut Emas SEA Games 2023

Tim beregu putra Indonesia berhasil meraih emas di SEA Games 2023 di Kamboja-Humas PBSI-

HARIAN DISWAY - Indonesia Raya akhirnya dikumandangkan di Morodok Techo National Sports Complex, Phnom Penh pada Kamis, 11 Mei 2023. Hal ini setelah tim beregu putra Indonesia emas SEA Games 2023. Chico Aura Dwi Wardoyo dan kawan-kawan menumbangkan Malaysia 3-1.

Kemenangan ini menjadi balasan dari SEA Games sebelumnya. Pada SEA Games 2021 lalu, laju tim putra Indonesia terhenti di semifinal. Mereka kalah 2-3 dari Thailand. Tim Gajah Putih akhirnya keluar sebagai juara.

Sebenarnya sejak SEA Games 2007 sebenarnya tim putra Indonesia mendominasi. Kecuali pada 2013 saat nomor beregu ditiadakan. Dominasi itu sempat dirusak oleh Thailand pada SEA Games 2021. Pada saat itu mereka bahkan berhasil mengawinkan emas.

Baca Juga: Tim Bulu Tangkis Putri Raih Perak SEA Games 2023

"SEA Games ini memang kelihatannya kecil, tapi gengsi dan tekanannya lumayan tinggi. Beruntung tadi tim putra tidak kaget dan mampu mengatasi semua hal di lapangan," kata Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky dalam keterangan resminya.

Dalam pertandingan tersebut, langkah awal Indonesia sempat tersendat. Chico harus mengakui keunggulan Leong Jun Hao dengan skor 16-21, 13-21.

Untungnya mental pemain Indonesia berhasil diangkat lagi oleh Bagas Maulana/M. Shohibul Fikri. Juara All England 2022 itu berhasil menekuk Beh Chun Meng/Goh Boon Zhe 21-12, 22-20. Kedudukan imbang 1-1.

"Gemuruh dan tensi pertandingannya memang sangat menggebu-gebu jadi kami harus saling mengingatkan untuk tenang agar kembali ke permainan terbaik. Sangat lega dan senang bisa menyamakan kedudukan," ujar Fikri.

Baca Juga: Bulu Tangkis Indonesia Berpeluang Kawin Emas di Nomor Beregu

Keunggulan Indonesia bertambah setelah kemenangan Christian Adinata. Ia tanpa kesulitan mengehentikan perlawanan Lee Shun Yang 21-17, 21-9 dalam tempo 39 menit.

Kemenangan Indonesia dipastikan oleh Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan. Mereka harus melalui laga yang cukup alot lawan Chia Weijie/Liew Xun. Untungnya Pram/Yere berhasil menang rubber game 13-21, 21-16, 21-16. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: