Makna Dibalik ‘Diplomasi Phinisi’ Rancangan Jokowi

Makna Dibalik ‘Diplomasi Phinisi’ Rancangan Jokowi

Para pemimpin ASEAN di atas geladak Kapal Phinisi Ayana Lako Di'a menikmati senja di perairan Labuan Bajo-Setpres-

MANGGARAI BARAT, HARIAN DISWAY - Kegiatan berlayar bersama para Pemimpin ASEAN dengan Kapal Phinisi Ayana Lako Di’a sambil menikmati senja di hari Rabu sore, 10 Mei 2023 lalu bukan cuma pelesiran biasa. 

Jokowi menyelipkan berbagai makna dalam bincang santai di atas geladak salah satu kapal pesiar termewah di Labuan Bajo tersebut, yang ia ungkap pada konferensi pers Kami petang, 11 Mei 2023. 

Jokoi berusaha menciptakan suasana kekeluargaan antar pemimpin ASEAN.

BACA JUGA:3 Poin Utama Kesepakatan KTT ASEAN ke 42

BACA JUGA:Keakraban Pemimpin ASEAN di Geladak Kapal Phinisi Ayana Lako


Foto bersama keluarga Pemimpin ASEAN -Setpres-

“Oleh karena itu, kemarin saya ajak para leader untuk berlayar bersama naik kapal pinisi, agar suasananya relaks dan kekeluargaan karena memang ASEAN ini adalah satu keluarga,” tutur Presiden.

Pada pukul 17.00 WITA, Kapal Phinisi Ayana berlayar mengitari perairan Labuan Bajo yang terkenal indah tersebut. Yang membuat beberapa pemimpin ASEAN dan keluarganya berdecak kagum. 

ASEAN kata Jokowi, bukan hanya sekedar keluarga. “Tapi kita berlayar. Keluarga yang berlayar menuju cita-cita bersama,” jelasnya. 

BACA JUGA:Para Pemimpin ASEAN Pulang Mulai Hari Ini

BACA JUGA:Selamat Datang Timor Leste, Resmi Jadi Anggota ke-11 ASEAN


Kapal Phinisi Ayana Lako Di'a -Setpres-

Kapal Phinisi Ayana Lako Di’a sendiri adalah superyacht, salah satu yang termewah di Labuan Bajo. Dioperasikan oleh Ayana Komodo Resort dan biasa disewakan pada wisatawan untuk tur Pulau Komodo, Rinca, Padar, Pink Beach dan destinasi wisata di sekitarnya. 

Dari laman rentalbajo.com. Diketahui harga sewa Phinisi Ayana mulai dari 245 juta rupiah untuk satu hari berlayar, hingga 540 juta rupiah untuk live aboard selama 3 hari 2 malam. Kapal sepanjang 54 meter dengan kapasitas 18 penumpang ini juga bisa disewa untuk pesta pernikahan.(*)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: