Gagal Move On Usai Nonton Konser, Kenali Gejala Post Concert Depression dan Cara Menanganinya

Gagal Move On Usai Nonton Konser, Kenali Gejala Post Concert Depression dan Cara Menanganinya

Ilustrasi suasana konser -Pinterest-

HARIAN DISWAY– Euforia yang didapat usai menonton konser idola terkadang tak bisa hilang. Luapan kegembiraan itu bisa membuatmu hampa setelah momen bahagia itu.

Bisa jadi, Anda merasa kosong ketika perjalanan pulang. Bahkan, beberapa hari setelahnya, perasaan itu tetap bertahan. Anda juga ingin mengulang hari bahagia itu. 

Rupanya, itu merupakan gejala-gejala dari Post Concert Depression atau PCD. PCD sendiri merupakan suatu perasaan sedih, cemas, dan merasa kehilangan yang dirasakan setelah menghadiri konser. PCD tidak berbahaya, namun dapat mengganggu kegiatan sehari-hari. 


Ilustrasi konser musik-Pixabay/ Pexels-Pixabay/ Pexels

PCD terjadi karena adanya perubahan emosi secara drastis saat menonton dan setelah menonton sebuah konser. Apabila PCD berlangsung terus-menerus, dan Anda gagal move on, bukan tidak mungkin akan memicu dampak yang serius.

Berikut adalah gejala-gejala PCD: 

  • Tidak bisa move on dari konser yang telah didatangi.
  • Terus menerus menonton rekaman video maupun foto yang diambil saat konser.
  • Terjebak dalam momentum saat konser dan ingin mengulanginya kembali.
  • Khawatir akan euphoria atau rasa bahagia saat menonton konser tidak akan kembali lagi.
  • Merasa sedih, cemas dan kosong saat kembali menjalani aktivitas sehari-hari.
  • Merasa tidak ada lagi sesuatu yang penting.

Jika Anda telah merasakan gejala diatas, jangan panik. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menangani Post Concert Depression (PCD)

Bersyukur

Menghadiri sebuah konser idola bukanlah kesempatan yang bisa dimiliki oleh semua orang. Apabila kamu bisa menghadirinya, maka bersyukur merupakan hal utama yang harus Anda lakukan. Meski terdengar sepele, bersyukur dapat membuat kamu lebih menghargai sesuatu dan tidak merasa kehilangan. 

Karaoke

Music will heal. Dengan karaoke, Anda bisa meluapkan emosi yang sedang kamu rasakan sekaligus mengobati rindu akan suasana yang kamu rasakan selama konser.

Interaksi Sesama Penggemar

Dengan melakukan kegiatan itu, kamu bisa membagikan dan saling bertukar cerita mengenai pengalaman konser sekaligus pikiran dan perasaanmu. Mereka akan menjadi orang yang relevan. Hal itu akan membantumu untuk tidak memendam apa yang kamu rasa seorang diri.

Lakukan Aktivitas Lain 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: