Cheng Yu Pilihan 3rd Miss Chinese World 2021: Aldora Helsa Goewyn: Wei Ren Shi Biao

 Cheng Yu Pilihan 3rd Miss Chinese World 2021: Aldora Helsa Goewyn: Wei Ren Shi Biao

Cheng Yu Aldora Helsa Goewyn--

TAHUN 2021 lalu, Aldora Helsa Goewyn berhasil meraih juara 3 dalam ajang internasional Miss Chinese World yang diselenggarakan di Malaysia. Tentu prestasi ini memberikan kebanggaan tersendiri bagi Dora, demikian dia biasa disapa.

Padahal, Dora sebenarnya adalah guru TK. Di Pontianak sana. Dia mengaku menemukan begitu banyak hal yang menarik selama menjalani profesi sebagai guru.

"Salah satu yang menarik bagi saya, menjadi guru berarti menjadi buku yang terbuka dan senantiasa dibaca oleh orang-orang. Entah hanya satu halaman, dua halaman, setengah buku, atau bahkan seluruh buku," kata Dora.

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Konsultan Bisnis Indonesia-Tiongkok Cincin Yonita: Zi Zi Bu Juan

Mungkin itulah mengapa filosofi Jawa menyatakan guru harus bisa menjadi orang yang layak "digugu lan ditiru" (dipercaya dan dijadikan suri teladan). Persis yang dipetuahkan pepatah Mandarin, "为人师表" (wéi rén shī biǎo): menjadi panutan dalam berperilaku. 

"Namun, sebenarnya bukan hanya guru yang menjadi buku terbuka, tetapi juga kita semua dengan beragam profesi kita," lanjut Dora. 

"Maka dari itu," tambah Dora, "tulislah cerita kita secara otentik, entah itu baik, ataupun buruk. Sebab bisa saja itu akan menguatkan atau bahkan memberkati banyak orang."

Jack Ma, founder e-commerce Alibaba dan salah satu orang terkaya di dunia, dalam dialognya di World Economic Forum pernah mengatakan begini: "Saya ingin menulis buku, tapi bukan buku tentang kesuksesan Alibaba, melainkan buku berjudul 1001 Kegagalan Alibaba. Dari situ orang-orang bisa mempelajari bagaimana jatuh bangun perjalanan Alibaba hingga bisa sampai pada hari ini." (*)

 

Sumber: