Mengerucutkan Calon Jawara Surabaya Tourism Awards

Mengerucutkan Calon Jawara Surabaya Tourism Awards

Penjurian STA 2023 di Disway News House Surabaya, Jumat, 12 Mei 2023.-Elvina Talitha Alawiyah/Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Puncak acara SURABAYA Tourism Awards 2023 kian dekat. Tim juri dari Pemkot SURABAYA, PHRI SURABAYA, Harian Disway, dan Universitas Ciputra mulai mengerucutkan siapa yang bakal menjadi jawara tingkat kota di berbagai kategori.

Akan terpilih hotel, objek wisata, dan sentra wisata kuliner (SWK) terbaik tingkat kota. Juga, enam menu jawara di SWK: rawon, soto, tahu tek, tahu campur, bebek goreng, dan rujak cingur. Awarding STA 2023 bakal digelar di puncak Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) Ke-730 pada 31 Mei.

Ada 80 hotel dan 40 objek wisata yang dinilai dalam penjurian awal Mei 2023. Mystery guest telah menyetorkan hasil penjelajahan, menilai objek yang dilombakan.


BLOCKBUSTER MUSEUM terpilih menjadi Best of The Best objek wisata versi Surabaya Tourism Awards 2022.-Boy Slamet/Harian Disway-

”Tiga sampai empat orang kita terjunkan ke hotel-hotel yang dituju. Mulai dari hotel bintang 2 hingga bintang 5, anggota PHRI Surabaya semua dinilai. Di antara 80 hotel, sudah ditentukan mana yang harus gugur. Karena kurang memenuhi dari sembilan indikator penilaiannya,” kata Agoes Tinus Lis Indrianto, tim juri dari Universitas Ciputra.

BACA JUGA:Surabaya Tourism Award Diserahkan Wali Kota Eri Cahyadi pada Puncak Hari Jadi Kota Surabaya

BACA JUGA:Surabaya Tourism Awards 2023: Menanti Juara SWK Tingkat Kota di Puncak HJKS Ke-730

Agoes mengatakan, hotel-hotel diharapkan bisa menjalin kerja sama dengan pengelola objek wisata. Dengan demikian,  mereka ikut mendongkrak potensi wisatawan baru. ”Banyak juga objek wisata yang bagus-bagus di Surabaya. Tapi, kurang diinformasikan,” terang Agoes.

Informasi tentang tempat wisata diharapkan bisa terpampang di hotel-hotel. Simbiosis yang saling menguntungkan perlu ditumbuhkan. STA menjadi salah satu jembatan untuk mewujudkan hal itu. ”Tak hanya mendongkrak wisatawan, tetapi okupansi hotel juga diharapkan bisa ikut terkatrol. Peran UMKM juga perlu dilibatkan. Sebagai wujud dukungan untuk meningkatkan perekonomian rakyat,” ujar Agoes.

Penentuan jawara SWK juga sangat ditunggu. Akan ada SWK terbaik dan enam makanan terenak. ”Penyerahan penghargaan SWK dan enam menu terbaik se-Surabaya juga bakal diberikan langsung oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Pak Dahlan Iskan, serta hasil poling terbanyak,” ujar Corporate Secretary Harian Disway Vanessa Vallerie.

Para jawara bakal mendapatkan sejumlah hadiah. Di antaranya, piagam, trofi, TV Polytron, dan hot spot gratis selama 3 tahun oleh Biznet. (Salman Muhiddin-Eko Setyawan)

 

Sumber: