Surabaya Tourism Awards 2023: Menanti Juara SWK Tingkat Kota di Puncak HJKS Ke-730

Surabaya Tourism Awards 2023: Menanti Juara SWK Tingkat Kota di Puncak HJKS Ke-730

Dewan juri Surabaya Tourism Awards 2023 mencicipi menu jawara perwakilan kecamatan di Disway News House, Rabu, 10 Mei 2023.-Elvina Talitha Alawiyah/Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Penjurian SURABAYA Tourism Awards (STA) 2023 untuk Sentra Wisata Kuliner (SWK) berakhir kemarin, Rabu, 10 Mei 2023. Sehari sebelumnya, tim juri menilai jawara kecamatan di kategori tahu campur, bebek goreng, dan rujak cingur. Kemarin giliran jawara rawon, soto, dan tahu tek yang dinilai.

Siapakah enam jawara kategori menu terenak se-Surabaya 2023? Jawabannya akan diumumkan saat acara puncak Surabaya Tourism Awards: 31 Mei 2023. Tepat di puncak peringatan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) Ke-730 di Taman Surya atau balai kota.

BACA JUGA:Surabaya Tourism Awards 2023: Kuliner Terenak Se-Kecamatan Benowo

BACA JUGA:Surabaya Tourism Awards 2023: Kuliner Terenak Se-Kecamatan Mulyorejo dan Kenjeran


Tahu tek terenak se-Kecamatan Tambaksari dari Depot Bu Nanik SWK Putro Agung.-Elvina Talitha Alawiyah/Harian Disway-

Para jawara tingkat kecamatan datang ke Disway News House penuh perjuangan. Sebab, pusat kota diguyur hujan. Kendati begitu, semua datang tepat waktu.  Bahkan, ada yang berinisiatif membawa peralatan memasak sendiri meski sudah disediakan panitia.

”Saya ingin memfasilitasi jawara-jawara kami. Sehingga, menu masakan yang mereka lombakan ini tampil maksimal. Khususnya, untuk menu yang berkuah tetap fresh saat disajikan,” ujar Ketua SWK Manukan Lor Sugeng Eko Rachmanto.


Moch Sahirol Layeli_Harian Disway - RAWON TERENAK di kecamatan Tandes dari Warung Lestari SWK Tandes.-Moch Sahirol Layeli/Harian Disway-

Tim juri dari perwakilan Pemkot Surabaya, Harian Disway, dan Universitas Ciputra punya tugas berat. Mereka harus menentukan satu kuliner terenak dari jawara kecamatan. ”Yang harus kuat untuk menu soto adalah ketumbarnya. Lalu, bawang prei dan udang kering kecilnya. Kalau kaldu ayam yang dimasak lama, itu yang jadi penguat rasanya,” kata Victor Kurniawan Yuwono, tim juri dari Culinary Business Universitas Ciputra.


Tahu tek terenak se-Kecamatan Sawahan dari Depot RED CHILI SWK Studio.-Elvina Talitha Alawiyah/Harian Disway-

”Kalau tahu tek, yang bisa disebut enak itu dari bumbunya. Harus kuat di kacang goreng, bawang putih, dan petisnya ya,” lanjut Victor. (Salman Muhiddin-Dave Yehosua TB/Eko Setyawan)

Sumber: