Surabaya Tourism Award Diserahkan Wali Kota Eri Cahyadi pada Puncak Hari Jadi Kota Surabaya

Surabaya Tourism Award Diserahkan Wali Kota Eri Cahyadi pada Puncak Hari Jadi Kota Surabaya

PENJURIAN makanan terenak se-Surabaya di kantor Harian DIsway, 10 Mei 2023-FOTO: MOCH SAHIROL-HARIAN DISWAY-

PARA penerima Surabaya Tourism Award (STA) 2023 akan sangat terkesan. Sebab penghargaan tahun ini diserahkan di moment spesial. Yakni di Balai Kota Surabaya saat seremoni Hari Jadi Kota Surabaya pada 31 Mei 2023 nanti. Ribuan undangan akan menyaksikan langsung moment bersejarah tersebut. 

"Penghargaan akan diserahkan langsung oleh Cak Eri (Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi) didampingi Founder Harian Disway Dahlan Iskan dan Rektor Universitas Ciputra Surabaya Yohanes Somawijaya," ujar Corporate Secretary Harian Disway Vanessa Vallerie. 

Ada tiga jenis penghargaan dalam STA 2023 yakni penghargaan untuk hotel, objek wisata, dan sentra wisata kuliner (SWK). Untuk hotel ada sembilan kategori yang dinilai yakni best eco hotel, the best tourism attraction, the most comfortable lobby area, the cleanest public area, the most innovative uniform, the most innovative local F&B, the most local tourism information, the most impactful hotel on UMKM, dan the best overall score hotel (juara umum). Selain sembilan kategori itu, masih ada kategori DI's Choice (pilihan Dahlan Iskan).

Untuk objek wisata terdapat tujuh kategori. Kategori tersebut adalah CHSE, kenyamanan, service excellence, communicative information, creative and innovative, entrepreneurial impact, dan best of the best.   

Sementara untuk SWK merupakan penghargaan yang baru ada tahun ini dan merupakan gagasan dari Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Selain 9 kategori umum, ada kategori khusus yakni makanan terenak. Kategori khusus ini menilai enam makanan tradisional terenak se-Surabaya. Enam makanan itu adalah rawon, rujak cingur, tahu campur, tahu tek, dan soto. "Nantinya akan ada penghargaan soto terenak di Surabaya, rawon terenak di Surabaya, rujak cingur terenak di Surabaya, dan seterusnya," kata Vanessa.

Penjurian makanan terenak ini sudah dilakukan di Harian Disway 9-10 Mei 2023. Mereka yang ikut penjurian adalah stan di SWK yang sebelumnya sudah dinobatkan sebagai pemenang makanan terenak di kecamatan. "Sulit sekali menentukan mana yang terenak. Semuanya enak. Kalau saya lebih cenderung merasakan yang bumbu rempahnya kuat tapi tidak berlebihan," ujar Victor Kurniawan Yuwono, tim juri dari jurusan Culinary Business Universitas Ciputra.

Tim juri dari Pemkot Surabaya, Universitas Ciputra, dan Harian Disway sudah menuntaskan penilaian. Hari ini akan dilakukan rapat koordinasi untuk memutuskan pemenang Surabaya Tourism Award 2023.

Menurut Vanessa, para pemenang akan mendapat pemberitahuan resmi dari panitia. Mereka akan diundang untuk menjadi tamu kehormatan upacara ulang tahun ke-730 Kota Surabaya di Taman Surya, Balai Kota Surabaya, pada 31 Mei 2023. Sekaligus menerima penghargaan dari wali kota. (Eko Setiawan)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: