Surabaya Vaganza, Kemeriahan Akbar Sambut 731 Tahun Kota Pahlawan

Surabaya Vaganza, Kemeriahan Akbar Sambut 731 Tahun Kota Pahlawan

Parade Mobil Hias dan Pawai Budaya Surabaya Vaganza 2024 di Surabaya, Jawa Timur, Minggu, 26 Mei 2024.-Moch Sahirol-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY Jalan Gubernur Suryo SURABAYA menjadi saksi bisu ketika ribuan masyarakat tumpah ruah memadati jalanan. Mereka tak sabar untuk menyaksikan parade mobil hias dan pawai budaya bertajuk SURABAYA Vaganza, Minggu, 26 Mei 2024.

Surabaya Vaganza merupakan event tahunan yang diadakan oleh Pemerintah Kota Surabaya menjelang hari jadi kota tersebut. Tahun ini, Kota Surabaya akan merayakan ulang tahunnya yang ke-731, tepatnya pada 31 Mei 2024 mendatang. 

Dari pantauan Harian Disway, acara itu dimulai dengan pidato pembukaan dari Wali Kota Eri Cahyadi di Tugu Pahlawan pada pukul 13.00 WIB. Lalu berakhir sekitar pukul 17.30 WIB di Balai Pemuda Surabaya.


Pertunjukan sirkus dalam parade mobil hias dan pawai budaya bertajuk Surabaya Vaganza 2024.-Sahirol Layeli-Harian Disway-

"Tema Surabaya Vaganza hari ini adalah The Chronicle of Surabaya (kronik Surabaya). Warga Surabaya harus ingat bagaimana Surabaya berdiri saat zaman kerajaan, kolonial, hingga saat ini," ujar Eri yang mengenakan busana Manten Pegon berwarna emas.

BACA JUGA:Parade Lorong Waktu Surabaya, Ribuan Warga Menikmati Surabaya Vaganza 2024

Tak sekedar perayaan tahunan menjelang Hari Jadi Kota Surabaya, Surabaya Vaganza sekaligus menjadi momentum, untuk mengingatkan warganya akan sejarah panjang dan keberagaman budaya yang menjadi identitas kota tercinta.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya Hidayat Syah menekankan pentingnya keberagaman budaya sebagai penopang perkembangan daerah. 

"Surabaya bukan hanya multikultural, tetapi juga multietnis. Oleh karena itu, melibatkan berbagai kelompok dan komunitas masyarakat dalam setiap pelaksanaan Surabaya Vaganza menjadi hal yang penting," ujarnya.

Pelbagai komunitas lintas daerah juga turut meramaikan acara parade mobil hias dan pawai budaya terbesar di Surabaya, seperti Komunitas Bali, Kerukunan Keluarga Kawanua Surabaya, dan Komunitas Tionghoa. 

Masing-masing komunitas mempersembahkan pertunjukan budaya mereka. Mulai tarian, busana, hingga musik tradisional. Semua itu melebur menjadi satu.


Pertunjukkan tari nusantar di Surabaya Vaganza 2024.-Sahirol Layeli-Harian Disway-

"Meskipun cuacanya panas tetapi kebahagiaan dari masyarakat dan peserta pawai tetap terlihat, ini namanya Surabaya," tuturnya.

Dengan semangat yang berkobar, Hidayat menyatakan kesiapannya untuk melibatkan lebih banyak komunitas lintas daerah di Surabaya Vaganza tahun-tahun berikutnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: