2045 Semua Angkutan Umum Pakai Kendaraan Listrik

2045 Semua Angkutan Umum Pakai Kendaraan Listrik

Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Suharto (batik biru) pada pembukaan ASEAN’s International Trade Fair for Automotive, Electric Vehicle, Logistics & Mining Solutions yang digelar di JIEXPO Kemayoran Jakarta-Kemenhub-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Pemerintah mencanangkan pada 2045 nanti seluruh kendaraan angkutan umum di Indonesia akan dikonversi ke kendaraan listrik. 

Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Suharto mengungkapkan bahwa pihaknya telah memiliki roadmap untuk konversi ini. 

Dalam roadmap tersebut akan diawali dengan beberapa pilot project. “Pada tahun 2030 angkutan umum di beberapa kota khususnya yang dilaksanakan dengan skema Buy The Service (BTS) akan ditetapkan sebagai pilot project yang harus menggunakan angkutan umum berbasis elektrik,” kata Suharto di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Rabu, 25 Mei 2023.

BACA JUGA:Tanggapan Risma Saat Kantor Kemensos Digeledah KPK

BACA JUGA:Penjualan Tiket Indonesia vs Argentina Tunggu Hasil Peninjauan SUGBK

BACA JUGA:Ribut Ruko Pluit Coreng-moreng Jakarta

Setelah penggunaan kendaraan listrik pada kota-kota percontohan program Buy The Service, maka selanjutnya pada tahun 2045 seluruh angkutan umum di Indonesia akan menggunakan kendaraan listrik. 

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan mendorong penggunaan kendaraan listrik sebagai angkutan umum terlebih setelah pandemi mulai berangsur pulih, industri kendaraan listrik dinilai bertumbuh cukup pesat terutama karena didorong oleh insentif dari pemerintah. 

Suharto menambahkan, saat ini regulasi kendaraan listrik sudah ada melalui Perpres 55 Tahun 2019 membahas bagaimana nantinya kita menggunakan kendaraan ramah lingkungan yang berbasis elektrifikasi sehingga Kemenhub selalu mendukung dan mendorong penggunaan kendaraan listrik.(*) 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: