Perlintasan Kereta Api di Jalan Raya Juanda Ditutup, Imbas Pengerjaan Flyover Aloha

Perlintasan Kereta Api di Jalan Raya Juanda Ditutup, Imbas Pengerjaan Flyover Aloha

Pengendara melintas TL di FR kawasan Gedangan, Sidoarjo, Kamis, 25 Mei 2023-Eko Setyawan-Harian Disway

SIDOARJO, HARIAN DISWAY - Palang pintu perlintasan rel kereta api di Jalan Raya Juanda ditutup total, mulai Kamis dini hari, 25 Mei 2023.

 

Maka, setiap kendaraan dari arah Jalan Raya Juanda hendak ke Surabaya, harus memutar balik dulu ke persimpangan Gedangan: mengambil jalur Frontage Road (FR). Atau bisa mengambil putar balik di depan pintu masuk kawasan perumahan Puri Surya Jaya.

 

Penutupan ini untuk memberikan ruang pada pekerja proyek Flyover Aloha yang kini tengah melakukan pengerjaan galian pile cap di dekat pos perlintasan KA, atau pekerjaan titik P5.B

 

"Termasuk kebutuhan untuk galian relokasi pipa PDAM," kata manajer konstruksi Muhammad Sadikin, Kamis, 25 Mei 2023.

 

Jalan bisa dibuka lagi kata Sadikin kemungkinan saat pekerjaan erection girder selesai dikerjakan. Yakni sekitaran akhir Agustus atau awal September mendatang.

BACA JUGA:Flyover Aloha Dikebut, Jalan Dialihkan

BACA JUGA:Proyek Flyover Aloha, Tutup Pintu Perlintasan Kereta Api, Usai Lebaran

Sosialisasi terkait pengalihan arus itu sudah dilakukan pekerja dengan memasang rambu dan berbagai banner himbauan. Beberapa titik traffic light  (TL) di sepanjang FR juga sudah tuntas dipasang dan diuji coba Dinas Perhubungan (Dishub) Sidoarjo.

 

Beberapa penambahan TL antara lain depan pintu masuk perumahan Puri Surya Jaya. Pengguna jalan diminta sementara mengambil jalur lain. 

 

Beberapa alternatif yang bisa diambil oleh pengendara yang dari Raya Juanda yang hendak ke Surabaya misalnya bisa mengambil jalur Jalan Tropodo, atau masuk ke Tol Juanda.

 

Sedangkan yang hendak ke arah Sidoarjo dari Jalan Raya Juanda bisa melanjutkan perjalanan ke arah selatan melalui FR hingga tembus Jalan Raya Lingkar Timur.

Selain pengalihan arus, pengerjaan Flyover juga sedikit memakan Jalan Raya Waru arah Sidoarjo di dekat resto Aloha. Yakni pemasangan bore pile di titik P6A.

 

"Tapi, setelah bore pile itu, berlanjut pekerjaan footing. Termasuk kemarin habis selesai relokasi pipa PDAM," kata Aris Purwanto, manager konstruksi. "Diprediksi, penyempitan Jalan Raya ini akan berlanjut sampai dengan Juni, hingga pekerjaan pier head selesai," lanjutnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: