PLN Gerak Cepat Penuhi Pasokan Listrik KIS

PLN Gerak Cepat Penuhi  Pasokan Listrik KIS

Pejabat PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (UIP JBTB) berfoto bersama dengan Pengurus PT Kawasan Industri Sidoarjo.-Humas PLN-

SIDOARJO, HARIAN DISWAY- Kebutuhan pasokan listrik semakin hari semakin tinggi. Perusahaan Litrik Negara (PLN) pun dengan sigap memenuhi kebutuhan tersebut. Dimulai dengan penandatanganan perjanjian jual beli tenaga listrik antara PLN dengan PT New Asia International pada Mei 2019.

Dilanjutkan penandatanganan berita acara serah terima lahan dari PT Kawasan Industri Sidoarjo (KIS) sebesar 15.000 meter persegi pada September 2019. Dengan perjanjian pinjam pakai lahan selama 20 tahun. Lahan itu dipergunakan untuk pembangunan gardu induk (GI) 150 kV untuk Kawasan Industri Sidoarjo.

Pembangunannya sudah dilaksanakan sejak September 2020 lalu. Kemudian sejak Agustus 2023, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu, telah diberikan tegangan pertama (energize) di GI tersebut. PLN pun kerap eratkan sinergisitas dengan PT Kawasan Industri Sidoarjo.

Hal itu ditandai dengan dilakukannya pertemuan koordinasi pada Minggu ketiga Mei 2023. Pertemuan yang dihadiri General Manager dan tim PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (UIP JBTB) itu, diwakili PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur.

Dalam pertemuan itu, membahas mengenai rencana pengoperasian untuk memasok kebutuhan kelistrikan di Kawasan Industri Sidoarjo.

Direktur PT Kawasan Industri Sidoarjo Eska Kanasut mengapresiasi usaha PLN dalam memberikan pelayanan terhadap pelanggan. Dengan penyediaan kelistrikan di Kawasan Industri Sidoarjo. "Pembangunan GI 150 kV yang berujung pada pasokan kelistrikan di kawasan tersebut. Nantinya sangat penting dalam pelaksanaan arus bisnis di sana," katanya.

General Manager PLN UIP JBTB Anang Yahmadi mengatakan, PLN UIP JBTB sudah menyelesaikan pembangunan GI 150 kV Kawasan Industri Sidoarjo pada Agustus 2021. Serta telah melakukan penandatanganan berita acara serah terima lahan sebesar 15.000 meter persegi pada September 2019.

Diakui Anang mereka telah menyelesaikan pembangunan GI 150 kV Kawasan Industri Sidoarjo tepat waktu. Nantinya GI nini akan memasok kebutuhan kelistrikan untuk Kawasan Industri Sidoarjo. Setelah ini untuk pengoperasian GI 150 kV, KIS ini akan diserahterimakan kepada unit pengusahaan. 

“PLN bersinergi dengan seluruh stakeholder terkait telah berhasil melakukan energize terhadap GI 150 kV Kawasan Industri Sidoarjo pada Agustus 2021. Segera akan diserahkan kepada unit pengusahaan untuk dioperasikan," terangnya.

"Tentu saja dengan sinergitas PLN Group dan PT Kawasan Industri Sidoarjo, kami optimis akan segera beroperasi dengan andal, demi pelayanan kebutuhan kelistrikan untuk Kawasan Industri Sidoarjo. Andalnya listrik dapat menjadi pendorong keberhasilan perekonomian di Kawasan ini," tambahnya. (*)

 

Sumber: