Dua Kloter CJH Jatim Kedapatan Bawa Rokok Lebih dari 200 Batang, Gunting, hingga Paku

Dua Kloter CJH Jatim Kedapatan Bawa Rokok Lebih dari 200 Batang, Gunting, hingga Paku

CJh kloter sembilan dari Kabupaten Gresik, melakukan pengecekan dokumen di gedung Mina, Jumat, 26 Mei 2023 -Eko Setyawan-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Dua kelompok terbang (kloter) calon jemaah haji (CJH) dari lima daerah di Jawa Timur, sudah tiba di Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Kamis, 25 Mei 2023.

Ada lima daerah di Jawa Timur yang tiba mulai malam hingga Jumat pagi, 25 Mei 2023. Empat daerah di antaranya tergabung dalam kloter 8. Yaitu, Sumenep, Pamekasan, Sidoarjo, dan Blitar. Keempat daerah itu, tiba Kamis malam, pukul 21.00 WIB.

Sedangkan kloter 9 berasal CJH Kabupaten Gresik. Mereka tiba di Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Jumat, 26 Mei 2023, pukul 08.00 WIB.

BACA JUGA:Airlangga-Zulhas Jadi Alternatif Capres-Cawapres Baru

BACA JUGA:Novel Baswedan: Perpanjangan Masa Jabatan Pimpinan KPK Bukan Untuk Firli Bahuri Cs

Setiba di Asrama Haji Sukolilo, mereka diminta menjalani pemeriksaan dokumen kesehatan, dan barang bawaan. Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya Husnul Maram mengatakan, petugas menemukan CJH yang bandel: membawa rokok lebih dari 200 batang.

"Sudah diamankan oleh petugas," kata Husnul, Jumat, 26 Mei 2023. Karena, di atas batas maksimal rokok yang diperbolehkan: 200 batang.

Selain itu, Husnul mengungkapkan, bahwa petugas juga masih menemukan barang-barang yang mestinya disimpan di bagasi, namun disimpan di tas tenteng. Antara lain, gunting, pisau, silet, gunting kuku, alat cukur dan paku," kata pria yang juga menjabat sebagai Kakanwil Kemenag Jatim itu.

Kemenag sebenarnya sudah memberikan imbauan sebelum CJH berangkat ke Asrama Haji. Mereka sudah diwanti-wanti untuk tidak melanggar ketentuan haji yang diterapkan Kerajaan Arab Saudi.


Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa kala menjupai CJH tertua se-Indonesia, Harun Senar (kanan) dan keponakannya, Masdi, di Asrama Haji Embarkasi, Surabaya, Kamis, 25 Mei 2023-Mochammad Zainul Arya Pamungkas-Harian Disway

Sebelumnya,Ketua Tim Akomodasi dan Transportasi Perlengkapan Haji Reguler Bidang Urusan Haji Jawa Timur Farmadi Hasyim mengatakan ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh para Calon Jemaah Haji (CJH) 1444 H. Namun jumlahnya tidak boleh berlebihan.

"Cukuplah, secukupnya. Baju dapat dipakai selama 40 hari, cukuplah sebatas itu," katanya. Ia juga mengingatkan CJH bahwa mereka tidak diizinkan membawa benda-benda berupa cairan dalam kemasan botol. Seperti madu, jamu botol, sampo, susu cair, minyak goreng, kecap botol, dan benda sejenisnya.

Farmadi menyarankan agar CJH membawa benda-benda cair dalam kemasan sachet secukupnya. Dalam setiap pemberangkatan ada juga yang membawa minyak goreng sachet. Ia mengingatkan bahwa jamaah haji sudah mendapatkan makanan pagi, siang, dan malam di tanah suci. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: