Persiapan Profesi Public Relations, Mahasiswa Untag Surabaya Berlatih Table Manner

Persiapan Profesi Public Relations, Mahasiswa Untag Surabaya Berlatih Table Manner

Mahasiswa Untag belajar Table Manner (Kepramusajian) di Hotel Royal Regantris Cendana Surabaya, Minggu, 28 Mei 2023-Elvina Thalita Alawiyah/Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY ­­– Mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi memang disiapkan untuk berbagai profesi di masa depannya. Termasuk, menjadi pelaku public relations atau praktisi kehumasan

Itulah yang dilakukan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Sabtu-Minggu, 27-28 Mei 2023. Mereka belajar table manner atau etiket jamuan makan. 

Acara tersebut digelar di hotel Royal Regantris Cendana Surabaya, Jl Kombes Pol M. Duryat. Peserta pelatihan itu adalah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Dasar Kehumasan. Totalnya 480 orang. Dari tiga kelas.

BACA JUGA:Suasana Pemakaman Sarwono Kusumaatmadja, Patriot Bangsa Penyelamat Lingkungan

BACA JUGA:1000 Anak Antusias Ikuti Kompetisi Permainan Tradisional Elingpiade di Kota Pasuruan

Menurut Muchamad Rizqi, dosen mata kuliah tersebut, praktisi kehumasan adalah etalase sebuah lembaga. Citra sebuah perusahaan atau institusi tergambar—salah satunya—melalui para humas.

’’Banyak hal yang perlu kita kenalkan sejak dini. Dan itu, secara basic harus dimiliki mahasiswa. Saya berharap, acara ini membentuk manner atau attitude mahasiswa. Baik ketika berhubungan dengan dosen, sesama mahasiswa, atau membangun relasi baru,’’ kata Rizqi.


Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Untag berlatih simulasi Gala Dinner di Hotel Royal Regantris Cendana Surabaya-Elvina Thalita Alawiyah/Harian Disway-

Para mahasiswa pun dress-up saat mengikuti pelatihan table manner. Yang lelaki memakai jas. Para perempuan ber-dress hitam. Soal kostum pun menjadi atensi. Sehingga, kostum tersebut juga diperagakan oleh para mahasiswa.

BACA JUGA:Mahasiswa Ilkom UNTAG Bantu Branding UMKM Lewat Tugas Akhir

Selain sambutan Kepala Prodi Ilmu Komunikasi Untag Surabaya Mohammad Insan Romadhan, ada pula sajian seni. Yakni lagu plus tari Jaipong Bajidor Kahot. Atmosfer pelatihan itu pun menjadi seperti gala dinner betulan.

Dalam pelatihan tersebut, Royal Regantris Cendana benar-benar mensimulasikan tatanan makan malam formal. 

Meriung di meja-meja bundar, para mahasiswa menghadap berbagai peranti makan. Piring, gelas, hingga beberapa sendok, garpu, dan pisau berbagai ukuran. Mereka lantas belajar tata cara dan etika dalam perjamuan makan.

Para mahasiswa pun dapat kesempatan bertanya tentang tip atau hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat jamuan makan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: