Pemkot Pasuruan Menggeliatkan Ekonomi Sektor Homestay

Pemkot Pasuruan Menggeliatkan Ekonomi Sektor Homestay

WALI Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) membuka Pelatihan Usaha Homestay/Pondok Wisata Tahun 2023 di Hotel BJ Perdana, Kota Pasuruan.-Dinas Kominfo Kota Pasuruan-

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Wali Kota PASURUAN Saifullah Yusuf (Gus Ipul) membuka Pelatihan Usaha Homestay/Pondok Wisata Tahun 2023 di Hotel BJ Perdana, Kota PASURUAN, Senin, 22 Mei 2023. Pelatihan yang digelar dinas pariwisata, pemuda, dan olahraga itu dilaksanakan selama tiga hari, 22 hingga 24 Mei 2023, dan diikuti 40 peserta dari pengusaha homestay dan pemilik kos.

Pemkot Pasuruan melalui dinas pemuda, olahraga, dan pariwisata terus memberikan sosialisasi, gambaran, dan konsep kepada para peserta. Tujuannya, mereka mempunyai sudut pandang untuk menggeliatkan ekonomi di sektor wisata bagi pengunjung yang menginap (stay) dan menikmati situasi Kota Pasuruan.

Forum itu menjadi wadah untuk bersama-sama melakukan hal yang terbaik dan bersinergi antara kebijakan pemerintah dengan para pelaku usaha, pengelola homestay dan pondok wisata sebagai jujukan wisata yang aman, nyaman, dan masyarakat menjadi lebih percaya.

Dalam kesempatan sambutan, Gus Ipul menyampaikan bahwa pengusaha homestay harus memberikan layanan bagi yang membutuhkan layanan akomodasi dengan tampilan kekinian.

"Nomor satu tampilan kekinian adalah toiletnya harus bersih, higienis, dan didesain dengan nyaman agar dikenang pelanggan," ujarnya.

Ia menambahkan, pengusaha homestay harus menguatkan warna Kota Pasuruan dengan produk lokal.

"Kuatkan produk lokal Kota Pasuruan, baik mebel maupun logam. Hal ini yang membedakan dengan homestay dari kota yang lain," tambahnya.

Ia juga mengajak pengusaha homestay untuk hidup bersih, baik bersih di dalam maupun luar, bersih lingkungan maupun bersih pemiliknya.

"Saya minta lingkungannya bersih, bersih dan rapi meskipun rumah sewaan sehingga auranya membuat nyaman," ajaknya.

Ia meminta pada pengusaha homestay agar turut membantu menyukseskan MTQ Ke-30 di Kota Pasuruan dari tanggal 29 September sampai 8 Oktober 2023.

"Berikan layanan terbaik seperti layanan hotel bintang lima, bagaimana keramahtamahan, dan bagaimana cara memberikan informasi kepada pengunjung," pungkasnya. (*)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: