Dirumorkan Comeback, Trio EXO Malah Gugat SM Entertainment Perihal Transparansi Gaji

Dirumorkan Comeback, Trio EXO Malah Gugat SM Entertainment Perihal Transparansi Gaji

Member EXO Chen (Kiri), Baekhyun (Tengah) dan Xiumin (Kanan)--Pinterest

HARIAN DISWAY – Sub-unit EXO, EXO CBX yang terdiri dari Chen, Baekhyun dan Xiumin melayangkan gugatan kepada SM Entertainment Kamis, 1 Juni 2023. Melalui kuasa hukumnya, Lee Jae-hak, mereka mengajukan gugatan atas dugaan pelanggaran pembagian pendapatan.

Dilansir dari soompi, Lee Jae-hak mengatakan bahwa mereka telah meminta transparansi data pembagian pendapatan sebanyak 7 kali, sejak 21 Maret 2023. Sayangnya tidak ada kejelasan yang diberikan oleh pihak SM Entertainment. 

Tidak hanya itu, SM juga telah menyalahgunakan kekuasaan dengan membuat sang artis menandatangani kontrak eksklusif yang berlaku selama 17-18 tahun. 

BACA JUGA:T.O.P Tinggalkan BIGBANG: Sudah Kubilang Aku Mundur Sejak Tahun Lalu

BACA JUGA:Nabastala, Warna-Warni Budaya Langit Surabaya ala Mahasiswa Untag

"Setelah SM menandatangani kontrak jangka panjang dengan artis yang berlaku selama 12-13 tahun di masa lalu, mereka memaksa artis-artis untuk menandatangani kontrak eksklusif lanjutan yang berlaku selama 17-18 tahun, bahkan lebih. SM telah berkali-kali menggunakan kekuatan secara tidak adil seperti ini," ujar Lee Jae-hak. 


EXO-CBX Umumkan putus kontrak dengan SM Entertainment-Dok. SM Entertainment-Dok. SM Entertainment

Tidak hanya itu, ia juga menjelaskan posisi dan aktivitas trio EXO itu saat menjadi artis SM Entertainment selama 12-13 tahun.  "Selama 12-13 tahun menjadi artis SM Entertainment, mereka telah dengan setia berkegiatan di dunia entertain  sebagai member EXO. Dalam waktu itu, mereka hanya percaya pada penjelasan SM mengenai hasil akhir dan menerima bagian mereka yang hanya mengacu dari laporan yang dibuat secara sepihak oleh SM, di mana tidak ada bukti yang spesifik dan objektif. Baru-baru ini mereka telah secara resmi meminta salinan laporan tersebut beberapa kali melalui kuasa hukum, namun SM tidak dapat memberi salinan laporan tersebut di pengadilan," jelasnya. 

SM tentunya memiliki tanggung jawab untuk menyajikan detail-detail mengenai pendapatan, potongan pengeluaran dan jumlah yang dipotong sesuai dengan kontrak eksklusif yang ada di Undang-Undang Pengembangan Industri Seni dan Budaya Populer. 

BACA JUGA:Persebaya Tak Bisa Pakai THOR dan Gelora 10 November, Ini Klarifikasi Doni dari PT Virama Karya

BACA JUGA:Di Usia ke-83, Al Pacino Nantikan Bayi Keempat

Jika SM telah membayar artisnya dengan akurat, maka tidak ada alasan untuk menutupi laporan keuangan perusahaan. Faktanya, SM tidak bisa melakukan itu.

Lee Jae-hak juga mengatakan bahwa sebenarnya sangat sulit untuk Chen, Baekhyun dan Xiumin dalam membuat gugatan kepada perusahaan besar seperti SM Entertainment. Namun, mereka akhirnya melakukan ini dengan pemikiran dan keberanian bahwa ini juga untuk mengklarifikasi berbagai prasangka yang dimiliki oleh artis-artis SM lainnya.

Kabar ini tentunya sangat mengejutkan penggemar. Pasalnya, kabar yang beredar adalah EXO tengah menyiapkan comeback mereka setelah sekian lama hiatus. Eh, yang datang malah kabar begini. (Zahronia Firdaus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: soompi