Memperingati Hari Lahir Pancasila, Berikut 5 Rekomendasi Film Bertemakan Pancasila

Memperingati Hari Lahir Pancasila, Berikut 5 Rekomendasi Film Bertemakan Pancasila

poster film Soekarno dan film Lima-eventori.id-

HARIAN DISWAY - 1 Juni ditetapkan sebagai hari lahir Pancasila dan diperingati setiap tahunnya. Hal ini bertujuan untuk mengenang hari di mana kata Pancasila disebutkan kali pertama oleh Presiden Soekarno yang kemudian dijadikan ideologi falsafah negara Indonesia. 

Ngomong - ngomong soal hari lahir Pancasila, ada beberapa rekomendasi film bertemakan Pancasila yang menceritakan mengenai nilai - nilai luhur demi mempersatukan bangsa. Yuk simak dibawah ini.

BACA JUGA:Peringati Hari Lahirnya Pancasila, Hotel Majapahit Surabaya Gelar Donor Darah di Ulang Tahun yang ke-113

1. Pantja-Sila: Cita - cita dan Realita 

 Film ini menceritakan pidato Soekarno saat BPUPKI pada 1 Juni 1945 sehingga pada hari itu dikenal dengan Hari Lahir Pancasila. Film ini berfokus pada isi pidato Soekarno. Film ini merupakan gagasan dari aktor senior Tio Pakusadewo yang juga turut berperan dalam film tersebut.

BACA JUGA:Tradisi Merajut Perempuan Tampaksiring Bali

2. Lima

Film ini berisikan tentang pesan - pesan hidup dalam keberagaman di tengah - tengah masyarakat Indonesia. Bermula dari Fara, Aryo, dan adi yang baru saja ditinggal wafat oleh ibu mereka, Maryam. Tak hanya mereka saja yang merasa kehilangan, asisten rumah tangga mereka, Ijah, pun turut merasa kehilangan,

Dikarenakan perdebatan mengenai upacara pemakaman Maryam yang terjadi di antara ketiga anaknya. Karena Maryam seorang Muslim dan hanya Fara yang seagama dengannya.

Di sisi lain, Fara, Aryo, dan Adi juga mengalami permasalahan lain seperti Adi yang sering dirundung teman sekolahnya, Aryo yang harus menjadi pemimpin soal warisan, dan juga Fara dengan permasalahan SARA di Pelatnas.

BACA JUGA:Libur Panjang Waisak-Pancasila, Kemenhub Batasi Angkutan Barang

3. Soekarno

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: