Peringati Hari Lahirnya Pancasila, Hotel Majapahit Surabaya Gelar Donor Darah di Ulang Tahun yang ke-113

Peringati Hari Lahirnya Pancasila, Hotel Majapahit Surabaya Gelar Donor Darah di Ulang Tahun yang ke-113

General Manager Hotel Majapahit Kahar Salamun foto bersama dengan para pendonor darah di Hotel Majapahit Surabaya-Syahrul Rozak Yahya-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Hotel Majapahit Surabaya memperingati hari ulang tahun ke 113 pada 1 Juni 2023. Ultah tersebut juga berbarengan dengan hari lahirnya Pancasila.

 

Menejemen hotel menggelar donor darah yang bertajuk Timeless Charm di Balai Adika, Hotel Majapahit. Proses donor darah dilakukan dari jam 9 pagi hingga jam 1 siang.

 

Hotel yang sempat beberapa kali berganti nama itu kini disulap menjadi hotel bintang 5 yang tetap meninggalkan sejarah di beberapa bangunan di dalamnya.

 

BACA JUGA:Surabaya Jadi Tuan Rumah APFI 2023

 

General Manager Hotel Majapahit Surabaya Kahar Salamun mengatakan bahwa donor darah ini bertujuan untuk membantu masyarakat di hari jadi hotel Majapahit yang ke-113.

 

“Kegiatan ini dalam rangka anniversary-nya Hotel Majapahit yang ke-113 dan sekaligus memperingati hari lahirnya Pancasila. Kegiatan yang simple yang bisa kita lakukan dan bermanfaat adalah donor darah,” tutur Kahar.


Beberapa pendonor darah yang sedang menunggu giliran dengan membawa gform pendaftaran-Syahrul Rozak Yahya-

 

Kegiatan simple ini kata Kahar bisa menyelamatkan, dan mengirim bantuan ke sesama. Ia juga mengatakan bahwa kegiatan serupa bukan kali pertamanya diadakah oleh Hotel Majapahit. "Sebelumnya sudah pernah diadakan sekitar tiga atau empat tahun yang lalu," lanjut Kahar.

 

Tahun ini, kata Kahar, peserta yang berpartisipasi cukup banyak. Yakni lebih dari 200 orang dengan target minimal 200 kantung darah.“Yang datang donor darah ada teman-teman dan staff hotel di sekitar tunjungan, teman-teman business community di Tunjungan, termasuk anggota TNI dari Surabaya Selatan,” jelasnya.

 

BACA JUGA:Baru, KA Argo Semeru Jurusan Gambir-Gubeng, Ada Promonya!

 

Petugas donor darah didatangkan langsung dari PMI Kota Surabaya. "Saya beberapa kali ikut donor darah, kali ini juga akan donor lagi,” kata Kahar.

 

Tidak hanya donor darah saja, pada tanggal 11 Juni nanti Hotel Majapahit juga akan mengadakan Art Performance di depan hotel Majapahit bersamaan dengan Car Free Day (CFD) dan flashmob.

 

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim Surabaya selatan, Kapten (Arh) Suhardi bersama dengan anggota Kodim 0832/Surabaya Selatan juga ikut serta dalam donor darah kali ini.

 

“Sebenarnya donor darah tidak hanya kami lakukan di sini saja, tapi program teritorial, terutama di Kodim sendiri juga punya program,” katanya menjawab pertanyaan mengapa memilih mendonorkan darah di hotel bersejarah tersebut.

 


Proses pendonoran darah yang dilakukan oleh Palang Merah Indonesia (PMI)-Syahrul Rozak Yahya-

 

Surhadi menyebut, donor darah juga merupakan program teritorial. Biasanya dilakukan setiap triwulan sekali. Para prajurit anggota Kodim bergiliran mendonorkan darahnya. "Anggota kami kan banyak, mungkin nanti separuh bulan ini, setengahnya lagi bulan berikutnya. Jadi mengalir terus,” ungkapnya.

 

Surhadi menjelaskan, donor darah di Hotel Majapahit sudah disiapkan dengan baik, sehingga mudah untuk diikuti. "Tapi kan belum tentu kita daftar terus langsung bisa donor darah. Ada tes kesehatan dulu, ada seleksinya. Memang paling enak itu donor darah di hotel begini. Daripada di lapangan panas-panasan, pusing,” kelakar Surhadi.

 


Proses seleksi kesehatan sebelum melakukan donor darah-Syahrul Rozak Yahya-

 

Marketing & Communication Excecutive hotel Majapahit, Essa Adeline Evola mengatakan bahwa pihaknya menginginkan momen anniversary tahun ini dikemas dalam kegiatan berbagi.

 

“Di tanggal 11 nanti juga konsep kita mau berbagi, istilahnya ingin memberikan wadah untuk komunitas yang tampil di depan hotel Majapahit supaya warga Surabaya ini tau bahwa kita mempunyai banyak komunitas yang keren dan punya banyak karya yang luar biasa,” ujarnya antusias.

 

BACA JUGA:Surabaya Tourism Award Diserahkan Wali Kota Eri Cahyadi pada Puncak Hari Jadi Kota Surabaya

 

Essa juga mengatakan, pihaknya memberikan wadah bagi komunitas yang memang sudah biasa melakukan donor darah maupun yang belum. "Kemudian sambil melihat-lihat bagaimana sih hotel Majapahit itu, sambil breakfast bareng, ketemu temen-temen lain yang juga mendonorkan darahnya,” pungkasnya.(Kumala Herni Kartika)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: