Pemandangan Langka Jumbo Jet Airbus A380 Mendarat di Bali

Pemandangan Langka Jumbo Jet Airbus A380 Mendarat di Bali

Pesawat Airbus A380 milik Emirates sedang melakukan Taxi menuju terminal kedatangan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Kamis Sore, 1 Juni 2023-Kemenhub-

DENPASAR, HARIAN DISWAY - Bandara I Gusti Ngurah Rai, DENPASAR hari ini Kamis (1/6) pukul 16.35 WITA kedatangan tamu istimewa. Yakni pesawat komersil terbesar di dunia Airbus A380-800 milik maskapai Emirates, dengan rute penerbangan Dubai - DENPASAR pergi pulang (pp). 

Pendaratan tersebut sekaligus menandai dimulainya penerbangan reguler Denpasar-Dubai yang akan dilayani oleh Emirates. 

Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni mengatakan bahwa pesawat berbadan lebar (wide body) yang terdiri dari dua lantai ini merupakan salah satu dari penerbangan reguler rute Dubai – Denpasar PP yang akan membawa 460 penumpang. 

BACA JUGA:Bali Bakal Punya LRT, Pemerintah Bahas Studi Kelayakan Dengan Korsel


Jumbo Jet Airbus A380 di Bandara Ngurah Rai Bali-Kemenhub-

"Kami menyambut baik dan mengapresiasi terselenggaranya penerbangan perdana pesawat Emirates yang melayani rute Dubai menuju Pulau Dewata. Tentunya akan membawa dampak positif bagi penerbangan Indonesia,dan dapat mendukung peningkatan perekonomian dan pariwisata di Indonesia,” kata Kristi.

Untuk menyambut kedatangan pesawat A380-800, Kristi menuturkan bahwa pihaknya melalui Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV dan seluruh stakeholder penerbangan serta pihak terkait lainnya, sudah melakukan persiapan dan pengecekan fasilitas sarana dan prasarana baik sisi udara maupun sisi darat. 

Dengan kapasitas pesawat yang besar dan dimensi pesawat yang terdiri dari dua lantai, maka dibutuhkan penanganan yang ekstra. Kristi menyebut, A380 membutuhkan perlakukan berbeda dari pesawat lainnya. Baik dari segi fasilitas maupun peralatan. 


Pesawat Airbus A380 Emirates disambut water salute sesat setelah parkir-Kemenhub-

BACA JUGA:Mandara Giri dan Melukis Barong Terbalik ala I Nyoman Arjawa

BACA JUGA:Peringati Hari Lahirnya Pancasila, Hotel Majapahit Surabaya Gelar Donor Darah di Ulang Tahun yang ke-113

Ditemui di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV, Agustinus Budi Hartono menjelaskan pihaknya telah memastikan penyesuaian sarana dan prasarana yang dibutuhkan pada operasional pesawat A380 milik Emirates.

Agus mengatakan, koordinasi intensif telah dilakukan bersama pihak terkait seperti PT. Angkasa Pura I selaku pengelola bandara, pihak Emirates selaku maskapai yang mengoperasikan penerbangan A380, Airnav selaku penyeleggara lalu lintas udara, ground handling dan pihak lain yang terkait lainnya untuk memastikan sarana dan prasarana agar sesuai dengan ketentuan keselamatan dan keamanan penerbangan.


Pesawat Jumbo Jet seperti A380 membutuhkan peralatan yang berbeda dengan pesawat lainnya. Lahan parkir, garbarata, ground handling juga harus lebih besar-Kemenhub-

Sumber: