KAI: Argo Semeru Bisa Jadi Magnet Wisata Jatim

KAI: Argo Semeru Bisa Jadi Magnet Wisata Jatim

KA Argo Semeru rute Stasiun Gubeng, Surabaya - Stasiun Gambir, Jakarta, resmi beroperasi per 1 Juni 2023-Moch Sahirol Layeli-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - PT KAI Daop 8 baru saja meluncurkan kereta api baru Argo Semeru pada seiring diberlakukannya Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 pada 1 Juni 2023.

 

Setiap harinya, KA Argo Semeru dijadwalkan melayani relasi Jakarta Gambir - Surabaya Gubeng PP. Dengan jadwal keberangkatan dari Surabaya pagi hari, pukul 09.05 WIB. Ditempuh dalam waktu 10 jam 35 menit. lebih cepat satu jam dibandingkan KA-KA sejenis dengan tujuan yang sama.

 

BACA JUGA:Gubernur Jatim Raih Penghargaan Transformasi Digital Pendidikan dari Mendikburistek

BACA JUGA:Jamaah Haji Mulai Diberangkatkan Ke Makkah Hari Ini

Selain itu, Argo Semeru unik karena melayani relasi Jakarta - Surabaya lewat jalur selatan (Solo Balapan -Yogyakarta). Kereta ini diharapkan bisa menjadi magnet wisatawan atau mahasiswa Jatim yang aktivitasnya di Jateng maupun Jabar, akan lebih terakomodir dengan baik.

 

"Peluncuran KA Argo Semeru juga akan mengintegrasikan sejumlah kota tujuan wisata. Kita berharap destinasi wisata kita miliki bisa menerima impct-nya. Termasuk menarik wisatawan singgah ke destinasi wisata yang ada di Jatim," kata Kepala Dishub Jatim Nyono, 1 Juni 2023.

 

Gapeka tahun ini merupakan pengganti Gapeka 2021. KA Argo Semeru adalah satu di antara tiga kereta api pemicu penambahan jumlah keberangkatan, dari 43 menjadi 48 perjalanan. Dua kerta lainnya adalah kereta Sembrani Pagi dan Sancaka.

 

Gapeka 2023 diberlakukan di seluruh area KAI. Mulai dari Sumatera hingga Pulau Jawa. Dalam Gapeka ini, terdapat total 653 rangkaian kereta penumpang. Meningkat 48 kereta dari Gapeka sebelumnya 605 kereta. Termasuk kenaikan enam kereta barang: dari 322 menjadi 328 kereta.

BACA JUGA:Ada Sepeda Motor Listrik Harga Rp 10 Jutaan di IIMS 2023 Grand City Surabaya

BACA JUGA:Baru, KA Argo Semeru Jurusan Gambir-Gubeng, Ada Promonya!

Menurut KAI, perbandingan rata-rata angkutan penumpang selama pemberlakukan Gapeka 2021 hanya 11.200 penumpang per hari. "Namun, saat ini, ada jumlah kenaikan 500 penumpang," kata Sandry Pasambuna, Direktur Keselamatan dan Keamanan PT KAI.

 

Oleh itu, Sandry berharap, dengan telah bertambahnya jumlah kereta yang beroperasi di wilayah Daop 8 Surabaya, dapat sesuai dengan filosofi penamaan kereta Argo Semeru. Gunung tertinggi di Pulau Jawa. "Kita akan berjalan setinggi mungkin. Pelayanan penumpang di Pulau Jawa khususnya Surabaya akan tertinggi nanti 2023," ujarnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: