KA Argo Semeru Beroperasi Perdana dengan Mengangkut 435 Pelanggan

KA Argo Semeru Beroperasi Perdana dengan Mengangkut 435 Pelanggan

KA Argo Semeru resmi dioperasikan per 1 Juni 2023, dari Stasiun Gubeng Surabaya menuju Stasiun Gambir, Jakarta. -Moch Sahirol Layeli-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Hari pertama beroperasi, Kamis, 1 Juni 2023, KA Argo Semeru rute Stasiun Gubeng, Surabaya ke Stasiun Gambir, Jakarta, langsung diserbu pelanggan.

 

Tak tanggung-tanggung, total sebanyak 450 kapasitas tempat duduk yang ditawarkan, terisi 435 pelanggan. Artinya, 96 persen kereta baru jadwal pagi hari setiap pukul 9.05 WIB itu, terisi 96 persen.

 

Kereta kelas eksekutif itu, bakal berhenti di stasiun-stasiun besar jalur lintas selatan, misalnya, Madiun, Solo Balapan, Yogyakarta, Purwokerto, Cirebon dan terakhir di Stasiun Gambir.

BACA JUGA: KAI: Argo Semeru Bisa Jadi Magnet Wisata Jatim

KA Argo Semeru ini, resmi diluncurkan secara simbolis oleh Direktur Keselamatan dan Keamanan PT KAI Persero Sandry Pasambuna, 1 Juni 2023, di Stasiun Gubeng Surabaya.

 

Turut hadir, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur Nyono dan Kasdam V Brawijaya Brigjen TNI Piek Budyakto, Direktur Logistik, Ketertiban, Keamanan dan Lingkungan UNAIR Karnaji Direktur Kerja Sama ITS Tri Joko Wahyu Adi dan Forkopimda Pemprov Jawa Timur terkait lainnya.

 

"Diharapkan operasional kereta api baru ini, meningkatkan mobilitas masyarakat dalam daya dukung kebangkitan ekonomi pasca pandemi. Sekaligus meningkatkan animo masyarakat untuk menggunakan transportasi kereta api yang aman, nyaman, dan sehat," ujar Sandry.

 

PT KAI juga membuka tarif promo kepada pelanggan KA Argo Semeru selama bulan Juni: hanya dikenakan tarif sebesar Rp. 250 ribu, untuk satu kali perjalanan.

 

Pelanggan pun, dapat melihat jadwal kereta melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, atau melalui chanel eksternal resmi, yang telah bekerja sama dengan KAI.

 

Di tengah ratusan pelanggan KAI yang berduyun-duyun menuju KA Argo Semeru dari Stasiun Gubeng Surabaya itu, ada salah satu pasangan pelanggan yang memanfaatkan kereta relasi jalur selatan tersebut.

 

Yaitu pasangan Andi Astina dan Andi Awal. Sebelumnya, mereka melakukan perjalanan panjang selama sehari melalui jalur laut: menggunakan kapal dari Makassar.

 

BACA JUGA: Presiden Jokowi Dijadwalkan Jajal Kereta Cepat 13 September Mendatang

 

"Kami berencana menuju Jakarta. Sekaligus mencoba kereta baru ini," ujar Astina, yang duduk santai di balik bangku tipe single seat, atau bangku kedua di gerbong nomor 3 KA Argo Semeru.

 

Ia dan suaminya merasa tak kesulitan memanfaatkan layanan kereta api. Rupanya, dia merupakan pelanggan kereta api selama di daerah Bandung dan Jakarta.

 

Meskipun baru kali pertama persinggahannya di Surabaya, pasangan paruh baya itu merasa tak kesulitan memanfaatkan layanan yang ditawarkan KAI.

 

"Tiket kereta ini, kami pesan lewat online. Pelayanannya cepat dan aksesnya juga bagus. Ini bakal menjadi perjalanan pertama kami menuju Jakarta. Semoga menyenangkan," tandas Astina yang hobi traveling bareng suaminya itu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: