Limbah Linen Hotel Ciputra Wold Surabaya Disulap Jadi Shibori Cantik untuk Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Limbah Linen Hotel Ciputra Wold Surabaya Disulap Jadi Shibori Cantik untuk Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Pembatik Leo Arief Budiman (kanan) dengan sabar membantu peserta workshop mengenai cara pembuatan motif shibori.-Stephanie CP-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni diperingati Hotel Ciputra World Surabaya dengan menggelar workshop shibori, pada 30 Mei 2023.
 
Para siswa IC School dan SMPN 12 Surabaya yang dilibatkan Hotel Ciputra World Surabaya dalam workshop shibori tampak antusias. Mereka mengikuti penjelasan instruktur workshop yakni pembatik Leo Arief Budiman dengan seksama.
 
Pemilik Batik Gemati itu dengan sabar menjelaskan mengenai cara pembuatan motif shibori. ”Shibori merupakan teknik pewarnaan dari Jepang. Berbeda dengan batik yang menggunakan lilin dalam proses pewarnaannya, shibori menggunakan teknik jumput, jimpit dan lipat lalu dicelupkan ke cairan pewarna,” terangnya. 
 
Sesi pembuatan kain motif shibori itu tak hanya diikuti para siswa. Tapi para guru hingga tim Hotel Ciputra World Surabaya pun merasakan keseruan yang rata-rata baru mereka temui pertama kali. Workshop makin asyik terutama ketika mereka mencoba teknik baru dan dengan kreativitasnya mencampurkan beberapa warna untuk menghasilkan motif dan warna yang unik dan menarik.
Para siswa IC School dan SMPN 12 Surabaya yang dilibatkan Hotel Ciputra World Surabaya dalam workshop shibori tampak antusias. -Stephanie CP-

 
Yang menarik, bahan untuk workshop itu diambil Hotel Ciputra World Surabaya dari limbah tekstil berupa sprei bekas dan pillow case yang mereka miliki. ”Saat ini pillow case dan sprei hotel kami sudah menumpuk dan hal itu menjadi salah satu hal yang harus kami selesaikan. Oleh karena itu kami yakin kegiatan ini membawa dampak positif bagi lingkungan” ungkap Director of Human Resource Hotel Ciputra World Surabaya Treti.

Workshop shibori untuk memanfaatkan limbah linen itu digelar Hotel Ciputra World Surabaya untuk menyongsong Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni. Maka pemilihan mengolah limbah sprei bekas dan pillow case disulap menjadi hasil karya yang cantik dan menarik sangatlah tepat. 
Proses perwarnaan kain shibori yang diikuti siswa dengan seru. -Stephanie CP-
 
Selain untuk melestarikan lingkungan, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dari siswa IC School dan SMPN 12 Surabaya. Dijelaskan Marketing Communication Hotel Ciputra World Surabaya Stephanie Caroline Peilouw bahwa bumi yang kita tinggali ini perlu dijaga dan dirawat.

”Itu semua agar terciptanya keseimbangan antar makhluk hidup dan tercipta lingkungan hidup yang nyaman dan tentram.  Menjaga kelestarian lingkungan bisa dimulai dari hal kecil, salah satunya dengan pemanfaatan produk untuk di daur ulang sehingga memiliki fungsi kembali,” terangnya.
Foto bersama para peserta workshop dengan hasil kain shibori yang akan dipamerkan dalam acara Kreatif Selamanya 2023.-Stephanie CP-

                                   
Senada dengan Kepala PKBM Insan Cerdas Indonesia Yuni Puspitasari, S. Si., workshop sesuai dengan filosofi tradisional Bali yakni Tri Hita Karana. Berarti kunci kesejahteraan manusia yaitu harmoni dengan manusia, alam, dan Tuhan. ”Workshop ini menjadi acara puncak dari rangkaian kegiatan Kreatif Selamanya 2023,” katanya. 

 ”Workshop shibori dari bahan kain bekas ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Kreatif Selamanya 2023, yang bertujuan untuk menjaga kelestarian alam dengan cara mengolah kembali bahan bekas menjadi barang baru yang bermanfaat,” lanjutnya.  

Dari workshop bersama Leo, hasil kain shibori itu ternyata cantik. Bagai sulapan, limbah itu bisa dipakai untuk kebutuhan apa saja. ”Karena itu hasil karya tersebut bakal dipamerkan dalam acara bertajuk Kreatif Selamanya 2023. Yakni pameran karya dan talkshow dengan berbagai penampilan spesial pada 8-9 Juni 2023 pukul 10.00-21.00 WIB di Royal Plaza Lt. UG,” terang Stephanie. (Stephanie)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: