TANTANGAN WISUDAWAN MENGHADAPI PASAR KERJA

TANTANGAN WISUDAWAN MENGHADAPI PASAR KERJA


--

Junaidi Khotib

Dekan Fakultas Farmasi Universitas Airlangga

 


--

Bagong Suyanto

Dekan FISIP Universitas Airlangga

 

Wajah-wajah ceria dan penuh senyum senantiasa mewarnai lulusan yang hadir di acara wisuda Periode Juni 2023. Pada tanggal 3 Juni 2023, sebanyak 998 lulusan diwisuda Rektor Universitas Airlangga Prof. Dr. Mohammad Nasih. Upacara wisuda digelar secara offline di Airlangga Convention Center (ACC), Kampus C. Acara wisuda kali ini terasa istimewa, karena juga dihadiri oleh mantan Walikota Surabaya yang kini menjadi Menteri Sosial RI, Dr. Tri Rismaharini.

Fakultas yang meluluskan wisudawan terbanyak, tiga besar di antaranya adalah Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis (183 wisudawan), Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik (169 wisudawan), dan Fakultas Hukum (83 wisudawan). Fakultas lain di periode Juni 2023 meluluskan sekitar 40-60 wisudawan. Semua wisudawan adalah para lulusan yang telah menyelesaikan studi atau kegiatan belajar sesuai waktu yang ditentukan. 

Menurut data pemeringkatan yang diekspose QS-WUR, employer reputation Universitas Airlangga memiliki skor 60,9, yang menempatkan Universitas Airlangga di posisi 2 nasional. Hal ini memperlihatkan bahwa alumni Universitas Airlangga memiliki reputasi yang diperhitungkan di kancah internasional. Lebih dari sekadar lulusan yang menyandang gelar Sarjana, Magister, atau Doktor, para wisudawan yang dikukuhkan Rektor adalah lulusan yang memiliki kompetensi yang benar-benar mumpuni.

Wisudawan Terbaik

Rektor Universitas Airlangga, Prof. Dr. Mohammad Nasih dalam sambutannya menyatakan bahwa wisuda bukan akhir segalanya. Wisuda merupakan bagian kecil dari anak tangga kehidupan yang ada, baik saat ini maupun di masa depan. Kunci sukses para wisudawan menghadapi tantangan dunia adalah pada kecepatan merespons tuntutan lingkungan dan perubahan jaman. 

“Wisudawan harus tampil penuh percaya diri agar sanggup bersaing di kancah nasional maupun internasional. Sebab kepercayaan diri adalah modal yang sangat kuat dan menjadi kunci untuk membuka keberhasilan pada masa yang akan datang”. Demikian pesan yang digarisbawahi Rektor ketika memberikan sambutan di hadapan para wisudawan.  

Wajar bahwa wisuda adalah moment yang membahagiakan karena setelah bertahun-tahun belajar, kini sebuah tahapan capaian telah berhasil dilewati. Menyandang gelar sarjana, magister apalagi Doktor adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Bagi sejumlah lulusan yang menyandang status sebagai wisudawan terbaik, moment wisuda kali ini tentu sangat membahagiakan. 

Sejumlah wisudawan terbaik dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4,00, antara lain adalah: Maria Appriliani Gani. Maria merupakan wisudawan terbaik program S3 Fakultas Farmasi yang merupakan lulusan Doktor termuda di usia 24 tahun. Ketika studi, Maria sempat 6 bulan pergi ke Seoul National University, dan mendapatkan amanah mengerjakan proyek penelitian dari University of Rennes, Prancis.

Wisudawan terbaik program S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis adalah Farisca Catur Wulandari. Farisca berhasil meraih IPK 4,00. Wisudawan terbaik program S3 Fakultas kedokteran Hewan adalah Dony Chrismanto yang notabene adalah dosen Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Sementara itu, Mey Vanda Pusparina Sajida adalah wisudawan terbaik S2 Fakultas Kedokteran Hewan.

Dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, wisudawan terbaik program S3 Ilmu Sosial adalah Firkry Zahria Emeraldien. Fikry berhasil meraih IPK 4,00. Ada banyak prestasi yang diraih Fikry, seperti pernah mendapatkan penghargaan talenta inovasi dari kemendikbud Ristek, dan juga pernah terpilih menjadi outstanding delegate dari Harvard University ketika mengikuti konferensi internasional.

Wisudawan terbaik program S3 Fakultas Sains dan Teknologi adalah Andika Pramudya Wardana. Andika semasa studi sempat mengikuti program study exchange ke International Center for Chemical and Biological sciences (ICCBS) Pakistan dan Universiti Putra Malaysia (UPM), Malaysia.

Di luar nama-nama yang disebutkan di atas, masih banyak wisudawan terbaik lain yang diwisuda di bulan Juni 2023. Sebagian wisudawan, meski bukan merupakan lulusan terbaik, mereka umumnya memiliki kompetensi yang berkualitas dalam berbagai bidang. 


Para wisudawan Universitas Airlangga mengikuti proses pengesahan sebagai sarjana.-Humas Unair-

Tantangan Wisudawan

Bagi para wisudawan di tahun 2023 ini, mereka patut bangga karena menjadi bagian dari lulusan dari perguruan tinggi seperti Universitas Airlangga yang memiliki reputasi membanggakan. Seperti diketahui, pada tanggal 9 Juni 2022, Universitas Airlangga dinobatkan QS-WUR menduduki peringkat 369 dari berbagai PT di dunia, naik dari peringkat 465 di tahun sebelumnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: