Catatan Magang MBKM di Harian Disway, Dejavu Nulis Berita NBA

Catatan Magang MBKM di Harian Disway, Dejavu Nulis Berita NBA

Mulai dari 0 sampai bisa mencetak puluhan berita olahraga saat mengikuti Program MBKM Magang di Harian Disway-Jessica Laurent-

Saya memulai program magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Harian Disway dengan nol pengalaman. Apalagi diletakkan di pos olahraga. Yang jadi atensi, berita NBA pula. Terus terang, saya enggak mengikuti perkembangan basket sama sekali. Namun, semua tantangan harus dihadapi, bukan dipunggungi.

Saya kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Magang di Harian Disway punya Abah Dahlan Iskan adalah kesempatan emas. Ada banyak mentor dengan spesialisasi berbeda. 

Ada yang ahli di pemberitaan politik, hukum, pemerintahan, lifestyle, hingga olahraga. Mereka pun jago menulis features. Dan tentunya, kami anak magang bisa bertemu langsung Abah Dahlan Iskan, sang begawan media.

Di tiga minggu pertama magang, saya dibebaskan menulis berita yang menurut saya menarik. Hingga pada akhirnya, pihak Harian Disway membagikan pos pemberitaan untuk reporter dan content writter.

BACA JUGA:Hasil Magang di Harian Disway, Terharu Bandingkan Tulisan Pertama dan Sekarang

BACA JUGA:Magang Seru sebagai Social Media Specialist di Harian Disway 

Saya mendapat pos berita olah raga. Awalnya agak terkejut. Sebab, saya lebih terbiasa menulis berita di rubrik lifestyle, jarang mengikuti berita olagraga. Namun, dalam dunia jurnalistik, wartawan harus siap di semua penugasan. Bahkan wartawan yang baik harus menguasai banyak bidang.

Sebelum pelaksanaan magang, saya beberapa kali menonton pertandingan basket yang diadakan oleh Indonesian Basketball League (IBL) yang digelar di DBL Arena, Surabaya. Dari pengalaman tersebut, saya hanya mengamati bagaimana pertandingan berjalan dan bagaimana pemain memberikan poin untuk timnya. 

Hingga pada akhirnya, saat saya memasuki grup WhatsApp yang berisikan redaktur dan reporter olah raga, saya diberi pertanyaan mengenai ketertarikan pada olahraga apa saja. Saya jawab dong: basket.

Dan akhirnya, Gunawan Sutanto selaku Redaktur Berita Olahraga Harian Disway memberikan saya tugas untuk menulis berita seputar pertandingan NBA dan berfokus pada pemberitaan online. Rupanya menjadi jurnalis olahraga, khususnya NBA tidaklah mudah. Ada banyak diksi-diksi baru yang saya pelajari. 


Menerima tantangan dari Harian Disway untuk menuliskan berita pertandingan NBA, yang awalnya tidak paham terkait pertandingan basket sampai bisa menulis puluhan berita NBA-Jessica Laurent-

Contohnya ini:

Base line: Garis belakang.

Middle line: Garis tengah lapangan.

Sumber: