Lolos ke Babak Kedua Singapore Open, Minions Tak Mau Pikirkan Olimpiade Paris Dulu

Lolos ke Babak Kedua Singapore Open, Minions Tak Mau Pikirkan Olimpiade Paris Dulu

MARCUS FERNALDI GIDEON (kiri) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo Dipastikan dipisah-PP pbsi-@pbsibadiminton_ina

HARIAN DISWAY – Beberapa tahun terakhir terasa sangat berat bagi pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Hingga pertengahan tahun, pasangan berjuluk Minions itu baru mengikuti lima turnamen. Dan hasil terbaiknya hanyalah semifinal Thailand Open 2023, sepekan lalu.

Faktornya banyak. Namun, yang paling sering adalah mereka bergantian cedera atau sakit. Akibatnya, kini pasangan yang pernah menduduki posisi nomor 1 dunia selama 202 pekan (setara dengan empat tahun beruntun) itu melorot di peringkat 16 dunia. Kemungkinan mereka lolos ke Olimpiade Paris 2024 pun dipertanyakan.

’’Kami tentu juga ingin terus tampil ke Olimpiade Paris. Tetapi, jangan terlalu jauh dulu lah,’’ kata Kevin Sanjaya Sukamuljo, dalam siaran pers PP PBSI, seusai menjalani babak pertama Singapore Open, Rabu, 7 Juni 2023. ’’Kami harus fokus ke setiap pertandingan dan turnamen saja dulu yang ada di depan mata,’’ lanjut pemain yang baru saja mengikat janji dengan Valencia Tanoesoedibjo tersebut.

Marcus Fernaldi Gideo pun menyatakan hal yang sama. Memang, ia dan Kevin sudah berhasil menembus semifinal Thailand Open. Dan kali ini mereka terjun di Singapore Open yang levelnya Super 750. Mereka baru saja melalui babak pertama. Namun, turnamen masih panjang. Kualifikasi untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024 juga masih panjang.

’’Kami pun ingin bisa tampil seperti dulu lagi. Kalau dibandingkan dengan performa lima tahun lalu, tentu masih jauh dan belum bisa seperti dulu,’’ kata Marcus. ’’Mungkin kalau dibandingkan dengan dahulu, kami ini sekarang baru di kisaran 70-75 persen,’’ jelasnya.

’’Kami tentu kepengin bisa main seperti dulu lagi. Tetapi, umur tak bisa dibohongi. Kami hanya minta asal jangan cedera dan mau main maksimal saja,’’ papar Marcus, yang Maret lalu berulang tahun ke-32. ’’Untuk ke Olimpiade Paris, jangan dipikir terlalu jauh. Nikmati dulu saja yang ada sekarang,’’ lanjut bapak tiga anak itu.

Pada hari kedua Singapore Open, Marcus/Kevin mengalahkan pasangan Taiwan Su Ching-heng/Ye Hong-wei dua game langsung, 21-5, 21-16. Namun, lawan di babak kedua cukup berat. Yakni pasangan nomor enam dunia, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Rekor pertemuan kedua pasangan itu masih menguntungkan Marcus/Kevin. Dari 14 laga, Minions menang 11-3. Namun, dalam dua pertemuan terakhir, Marcus/Kevin selalu kalah. Yang terbaru, mereka menyerah di tangan Hoki/Kobayashi di babak kedua Malaysia Masters 2023, 25 Mei 2023 lalu. Minions wajib bermain prima seperti dulu jika ingin menang.

’’Performa kami hari ini bisa dibilang cukup baik. Semoga besok penampilan kami bisa lebih baik lagi,’’ harap Marcus. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pp pbsi