KPU Jatim: Mahasiswa Harus Terlibat dalam Proses Pemilu

KPU Jatim: Mahasiswa Harus Terlibat dalam Proses Pemilu

Petugas KPU Jatim saat membimbing mahasiswa FEB Universitas Widyagama Malang, Kamis, 8 Juni 2023-Humas KPU Jatim-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Widyagama Malang, melakukan kuliah lapangan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim. Sebanyak 75 mahasiswa yang datang ke sana, mendapat sosialisasi dan pendidikan pemilih terkait Pemilu 2024.

Kasubbag Partisipasi dan Hubungan Masyarakat Prahasthiwi membawa mereka ke Rumah Pintar Pemilu (RPP). Di situ, mereka diberikan pemahaman tentang sejarah Pemilu di Indonesia, sejarah penyelenggara Pemilu, tahapan dalam Pemilu dan Pemilihan, siapa saja penyelenggara Pemilu.

Termasuk melakukan simulasi mencoblos di TPS. Mereka pun diberikan kesempatan untuk melihat data-data yang dimiliki KPU Jatim yang terpajang di dinding lorong kantor KPU Jatim.

Dekan FEB Widyagama Malang Ana Sopanah Supriyadi mengucapkan terima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk mahasiswa mereka belajar tentang proses demokrasi di Indonesia.

“Bahkan tempat-tempat yang berisi data-data tadi sangat instagramable. Maka tidak rugi kami menimba ilmu di KPU Jatim. Dengan hadir langsung ke KPU Jatim, kita bisa tahu langsung suasana kantor penyelenggara pemilu di Jawa Timur,” katanya, Kamis, 8 Juni 2023.

“Selain itu, kita juga mendapatkan pengetahuan mengenai pendidikan politik. Sehingga yang sebelumnya banyak mahasiswa belum tahu tanggal pemungutan suara menjadi tahu dan pasti mau berpartisipasi pada Pemilu Tahun 2024,” tambahnya.

Ketua KPU Jatim Choirul Anam berharap kampus bisa mendorong mahasiswanya untuk menjadi penyelenggara pemilu. Misalnya saja menjadi penyelenggara pemilu di tingkatan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Atau Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Salah satu caranya dengan menjadikan sebagai mata kuliah KKN Tematik atau lainnya. Harapannya dengan peran aktif mahasiswa, TPS dan KPPS kita diisi dengan anak-anak muda yang melek akan teknologi informasi,” terangnya.

Menurutnya, mahasiswa memiliki peran penting dalam Pemilu 2024 nanti. Karena, mereka memiliki kelebihan dalam banyak hal. Seperti idealisme yang tinggi, sikap kritis, keberanian, pengorbanan yang tinggi, kecerdasan, dan kepekaan sosial. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: