Hasil Final Piala Dunia U-20 2023 Uruguay vs Italia: Gol Tunggal Luciano Rodriguez Bawa Uruguay Juara!

Hasil Final Piala Dunia U-20 2023 Uruguay vs Italia: Gol Tunggal Luciano Rodriguez Bawa Uruguay Juara!

Hasil Final Piala Dunia U-20: Uruguay 1 - 0 Italia-@aufoficial-Instagram

Tuntas sudah perhelatan Piala Dunia U-20 yang harusnya digelar di Indonesia. Timnas Uruguay U-20 akhirnya menjadi juara setelah di laga final mengalahkan Italia U-20, 1-0.

Laga final yang digelar di Stadion Unico Diego Armando Maradona, La Plata, Senin pagi, 12 Juni 2023 itu berlangsung ketat. Skor 0-0 bertahan hingga akhir babak kedua.

Gol semata wayang akhirnya terjadi di menit ke-86. Diciptakan oleh Luciano Rodriguez. Gol itu sekaligus membawa Uruguay pun menjadi juara Piala Dunia U-20 untuk kali pertama sepanjang sejarah.

Sementara itu, Italia harus puas dengan predikat runner-up.

Timnas Uruguay U-20 menurunkan skuad andalannya. Ada Randall Rodriguez, Sebastian Boselli, Rodrigo Chagas, Alan Matturro, Facundo Gonzalez, Fabricio Diaz, Franco Gonzalez, Juan de Los Santos, Damian Garcia, Luciano Rodriguez, dan Anderson Duarte.

Sedangkan skuad Italia U-20 di laga di laga final itu diisi oleh Sebastiano Desplanches, Riccardo Turicchia, Daniele Ghilardi, Samuel Giovane, Gabriele Guarino, Matteo Prati, Cesare Casadei, Tommaso Baldanzi, Giacomo Faticanti, Giuseppe Ambrosino, dan Simone Pafundi.

Di laga itu, Uruguay maupun Italia sama-sama kesulitan membongkar pertahanan lawan. Skor 0-0 menjadi hasil sementara saat jeda turun minum.

Baru ketika babak kedua berjalan, pertandingan lebih menarik. Di menit ke-81, wasit sempat mengeluarkan kartu merah untuk gelandang Italia, Matteo Prati. Tapi, keputusan itu diubah menjadi kartu kuning usai meninjau monitor VAR.

Lima menit kemudian, Uruguay sukses mencetak gol lewat sundulan Luciano Rodriguez. Ia berhasil memanfaatkan kemelut di gawang Italia. Lagi-lagi gol ini sempat terjadi kontroversi. Setelah cukup lama berkonsultasi dengan tim VAR, wasit tetap mengesahkan gol ini.

Italia berupaya keras untuk membalas. Namun, tak ada gol tambahan yang tercipta di sisa waktu. Skor 1-0 untuk kemenangan Uruguay pun menjadi hasil akhir laga ini.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: