Google Hapus Akun Gmail dan Youtube Gratisan Akhir 2023, Perhatikan Ketentuannya!

Google Hapus Akun Gmail dan Youtube Gratisan Akhir 2023, Perhatikan Ketentuannya!

Ilustrasi laptop dan halaman situs Google-Caio-pexels.com

HARIAN DISWAY - Pengguna layanan email Gmail perlu mewaspadai kebijakan baru yang akan diterapkan oleh Google. Akun Gmail gratis yang sudah tidak aktif selama 2 tahun bakal dihapus.

Google menganggap bahwa akun yang tidak aktif dianggap kurang aman dibandingkan dengan akun yang aktif dan rentan terhadap penyalahgunaan. Keputusan itu diambil dengan tujuan untuk melindungi pengguna Gmail yang tidak aktif dari pencurian data dan kejahatan siber lainnya. Pengumuman kebijakan ini dibuat oleh Google melalui blog resmi mereka.

Namun, perlu dicatat bahwa kebijakan itu hanya berlaku untuk pengguna Gmail gratis. Jika Anda memiliki alamat Gmail yang diberikan oleh kantor atau sekolah, alamat tersebut akan tetap aman meskipun tidak aktif.

Namun, kebijakan ini tidak hanya mempengaruhi akun Gmail, tetapi juga seluruh ekosistem di Google Workspace, termasuk Docs, Drive, Meet, dan Calendar. Google juga menerapkan kebijakan yang sama terhadap akun YouTube dan Google Photos. Akun dan akses keduanya juga akan dihapus jika pengguna tidak aktif selama 2 tahun.

BACA JUGA:Jadwal Final MSC 2023: Final Sengit Onic vs Blacklist

BACA JUGA:Jangan Baper, Ini Alasan Messi Absen Lawan Timnas Indonesia

Sebelum menghapus akun, Google akan mengirimkan beberapa notifikasi beberapa bulan sebelumnya. Notifikasi tersebut akan dikirimkan ke alamat email utama dan email pemulihan (jika tersedia).

Untuk menghindari masalah ini, Google memberikan enam tips agar akun Google tetap aktif dan tidak terhapus oleh sistem pada akhir tahun 2023.

Salah satu cara termudah untuk menjaga agar akun tetap aktif adalah dengan masuk setidaknya setiap 2 tahun. Selain itu, memeriksa dan memperbarui keamanan serta privasi akun Gmail secara teratur juga akan membantu mengaktifkan akun.

Beberapa tips yang diberikan oleh Google antara lain:

1. Manfaatkan akun Google untuk membaca atau mengirim email.

2. Gunakan Google Drive.

3. Gunakan akun Google untuk menonton video di YouTube.

4. Unduh aplikasi melalui Google Play Store.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: google