Masjid Mujahidin Muhammadiyah Taman Gelar Khitan Massal

Masjid Mujahidin Muhammadiyah Taman Gelar Khitan Massal

Peserta Khitan Massal menunggu giliran di Masjid Muhjahiddin, Taman, Sidoarjo.-Syahrul Rozak Yahya/Harian Disway-

Suasana berbeda terasa di halaman belakang Masjid Mujahidin cabang Muhammadiyah Taman, Sidoarjo, pada Minggu, 17 Juni 2023. Khitan massal gratis diadakan untuk 36 anak dari berbagai daerah di Sidoarjo dan Surabaya, memancarkan semangat dan kegembiraan.

Anak-anak itu tiba dengan penuh antusias, beberapa dari mereka bahkan tersenyum sejak awal acara hingga khitan selesai. Namun, tak sedikit pula yang menangis keras saat prosesi khitan berlangsung. Beberapa di antaranya menemukan cara untuk mengalihkan rasa takut dengan bermain gadget. Orang tua hadir untuk memberikan dukungan dan menemani anak-anak mereka sepanjang proses khitan.

Acara khitan massal ini melibatkan anggaran yang tidak sedikit. Total biaya yang dikeluarkan mencapai Rp 90 juta Rupiah, termasuk biaya tenaga medis, hadiah, dan perlengkapan lainnya yang diperlukan untuk acara tersebut. Dana tersebut didapatkan dari infaq jamaah masjid Mujahidin dan berbagai lembaga seperti Muhammadiyah cabang Taman, Baznas, Lazismu, dan RS Aisyiyah Siti Fatimah Sidoarjo.


Suasana prosesi khitan massal di masjid Mujahidin Sidoarjo yang diikuti 36 anak peserta khitan, Minggu 18 Juni 2023-Syahrul Rozak Yahya-

Ketua pelaksana khitan massal, Isa Dermawan, menjelaskan bahwa tujuan diadakannya acara ini adalah untuk mempererat persaudaraan umat Islam dan mencari berkah di bulan Dzulqaidah menuju Dzulhijjah. Pengurus Masjid Mujahidin berharap, program khitan massal ini dapat menciptakan kerukunan di antara umat Islam di Indonesia.

BACA JUGA:Bulan Dana PMI Kabupaten Pasuruan, Ajang Melatih Kedermawanan Sejak Dini

BACA JUGA:Manisnya Persahabatan Ganda Putri Dunia, Popor Sapsiree Gendong Anak Greysia Polii

Peserta yang mengikuti khitan massal berusia antara 4 hingga 15 tahun, dan beberapa orang tua sengaja mengikutsertakan anak-anak mereka untuk menjalankan sunnah Rasulullah dan menjaga kesehatan kelamin anak mereka.

Salah seorang orang tua, Erif Zamroni, yang ikut serta dalam khitan massal gratis ini, mengungkapkan kebahagiannya, "Saya sangat senang dan terbantu dengan adanya khitan massal gratis ini. Saya mengikutsertakan anak saya dalam khitan massal ini agar ia terhindar dari penyakit. Alat kelamin anak saya sering mengalami penyumbatan saat demam," katanya.


Peserta khitan massal di Masjid Mujahiddin nonton YouTube biar tidak takut saat disunat.-Syahrul Rozak Yahya/Harian Disway-

Selain mengalami momen berharga ini, para peserta khitan massal juga diberikan bingkisan berupa sarung, baju, kopiah, sandal, tas, dan sejumlah uang sebagai hadiah sebagai ungkapan terima kasih karena mereka telah bersedia mengikuti khitan massal tersebut. Acara ini merupakan wujud kepedulian Masjid Mujahidin kepada masyarakat


Peserta khitan massal di masjid Mujahidin Sidoarjo menunggu giliran, Minggu 18 Juni 2023. -Syahrul Rozak Yahya/Harian Disway. 

(Syahrul Rozak Yahya).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: