Kabar Dari Tanah Suci (8): Ngadem di Bus Makkah

Kabar Dari Tanah Suci (8):  Ngadem di Bus Makkah

Bus Makkah gandeng siap mengantar penumpang ke rute-rute yang telah ditentukan. -Pamuji Setyawan-Dewangga-

Ini termasuk fasilitas transportasi baru di Makkah. Baru diluncurkan pertama kali Februari 2022. Bus Makkah yang menghubungkan situs-situs vital bisa dinikmati gratis. Pamuji Setyawan dari Biro Haji dan Umrah Dewangga kantor cabang Ngawi melaporkan dari tanah suci. 

---

DARI ukurannya Bus Makkah ini mirip bus Transjakarta. Ada dua versi, bus "jomblo" dan bus gandeng. Kalau Transjakarta duduknya di samping saling berhadapan, Bus Makkah kursinya menghadap ke depan semua. Mirip tempat duduk Suroboyo Bus atau Teman Bus di Surabaya. Calon jemaah haji (CJH) banyak yang membicarakan kenyamanan Makkah Bus tersebut. 

Tentu saya penasaran. Minggu siang saya mencoba naik untuk membuktikan apakah rasan-rasan para CJH tentang kenyamanan bus tersebut benar adanya. 

BACA JUGA:Kabar dari Tanah Suci (7): Jinak Merpati di Pelataran Masjidilharam

BACA JUGA:Tok! Cuti Idul Adha Jadi 3 Hari

Saya naik bus 8 dari Terminal Shib Amir. Keliling sampai ke pinggiran kota lalu ke Masjidilharam. Saya turun di halte dekat Masjidilharam. Tinggal jalan kaki 5 menit ke Masjidilharam. Bus lalu melanjutkan perjalanan kembali ke Terminal Shib Amir. 


Bus Makkah versi reguler di teminal Shib Amir.-Pamuji Setyawan-Dewangga-

Benar ternyata. Nyaman banget. Busnya dingin. Kontras dengan suhu udara di Makkah yang pada siang hari bisa mencapai 42 derajat celsius. Cocok buat tempat ngadem. Mau keliling Makkah dan mencoba semua jurusan bus juga boleh. Gratis.  

Bus Makkah memiliki 12 rute. Yang terbaru rute 3, 10, dan 11 yang menghubungkan area pusat di sekitar Masjidilharam ke sejumlah situs vital yakni Al-Syuhada. , Al-Kakiyyah, dan Ju'ranah. 


Layar informasi di dalambus memudahkan penumpang.-Pamuji Setyawan-Dewangga-

Saat ini lebih dari 200 bus melayani penumpang 24 jam. Kita bisa naik dan turun di salah satu dari 200 halte yang tersedia. Total ada 550 pengemudi yang dibagi shift kerjanya. 

Ada apa saja di dalam bus? Bus Makkah dilengkapi dengan sistem anti-kebakaran, CCTV, dan sensor untuk menghindari kecelakaan. Di dalam bus terdapat layar informasi elektronik yang menampilkan data tujuan dan waktu. Serta sistem audio dan visual untuk memperjelas informasi perjalanan di dalam bus.

Rincian jadwal perjalanan dan lokasi yang dicakup oleh semua rute akan ditampilkan akun Bus Makkah melalui Twitter. (Bersambung)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: