Tinjau Mina, Menag Minta AC dan Toilet Ditambah

Tinjau Mina, Menag Minta AC dan Toilet Ditambah

kemenag tinjau pelayanan dan fasilitas di Mina jelang puncak ibadah haji 2023-kemenag-kemenag

HARIAN DISWAY – Menteri Agama RI Yaqut Qoumas meninjau kesiapan layanan jemaah haji Indonesia di Mina, Kamis, 22 Juni 2023. Ia melihat kelayakan tenda, dapur, hingga toilet yang akan digunakan jemaah selama penyelenggaraan ibadah haji akhir bulan ini.

Di Mina, Menag meninjau sebanyak 40 Maktab, tenda Misi Haji Indonesia, serta Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI). Ia mengungkap bahwa hal yang paling penting untuk ditambah fasilitasnya adalah toilet.

Kini terdapat 28 toilet yang ditambah di setiap maktab dan beberapa lokasi untuk wudhu juga telah diperbanyak guna memperpendek antrean.

BACA JUGA:Kasus Formula E Masih Penyelidikan, KPK Bantah Incar Anies

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Model Asal Malaysia Manvin Khera: Shi Shang Wu Nan Shi, Zhi Pa You Xin Ren

Selain toilet, Menag juga meninjau dapur yang nantinya akan menyajikan masakan bagi jemaah haji yang berada di Mina. Ia mengungkapkan kondisi dapur cukup baik, bersih, dan semakin luas dari tahun-tahun sebelumnya.

Makanan yang telah siap untuk disantap nantinya akan diantar dan jemaah tidak perlu mengambil ke dapur.

Menurutnya KKHI di Mina kini jauh lebih luas dari tahun lalu. Walaupun sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan, Gus Yaqut meminta kepada pihak Maswarid agar AC kembali ditambah.

Nantinya selama di Mina, jemaah haji Indonesia akan tinggal di tenda-tenda yang dilengkapi dengan pendingin udara, karpet, dan kasur busa.

Menag menambahkan sebaiknya AC tidak langsung diarahkan ke bawah sebab banyak jemaah yang merasa kedinginan dan kurang nyaman.

Ia menilai kesiapan layanan di Mina mencapai presentase 99% dan berharap dalam dua hari kedepan, seluruh persiapan telah rampung. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenagri