Indonesia Ikut Kualifikasi Asia Airbadminton AWBG 2023, Rionny Mainaky Berpeluang Tampil

Indonesia Ikut Kualifikasi Asia Airbadminton AWBG 2023, Rionny Mainaky Berpeluang Tampil

Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky memimpin tim Indonesia di Kualifikasi Asia AWBG 2023-PBSI-

Untuk pertama kalinya Indonesia akan berpartisipasi dalam airbadminton. PBSI menurunkan tim untuk mengikuti Kualifikasi Asia Airbadminton ANOC World Beach Games (AWBG) 2023. Kualifikasi itu berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia pada 23-25 Juni.

 

Ada dua kategori yang diikuti yaitu tim relay dan individual. Tim relay memainkan lima nomor yakni ganda putra, ganda putri, ganda campuran, triples 1 (2 putra, 1 putri), dan triples 2 (2 putri, 1 putra). Untuk kategori individu ada nomor triples putra dan triples putri.

 

PBSI menerjunkan tujuh pemain. Mereka adalah Sabar Karyaman Gutama, Moh. Reza Pahlevi Isfahani, Zachariah Josiahno Sumanti, Marsheilla Gischa Islami, Tryola Nadia, Putri Syaikah, dan Lyanny Alessandra Mainaky.

 

Mereka didampingi oleh pelatih Rionny Mainaky. Rionny sendiri kemungkinan juga akan turun dalam pertandingan tersebut. “Ini merupakan sesuatu yang baru bagi kami. Tapi kami siap tampil di laga kualifikasi airbadminton ini,” tutur Rionny.

 

Airbadminton merupakan cabang terbaru dalam bulu tangkis. Airbadminton resmi diperkenalkan oleh BWF pada Mei 2019 lalu. Cara bermainnya memang tidak jauh beda dengan bulu tangkis.

 

Perbedaan mendasarnya adalah pada shuttlecock dan lokasi. Shuttlecock airbadminton berbahan dasar plastik dengan ujung karet. Lalu airbadminton dimainkan di luar ruangan. Dalam AWBG 2023 nanti, lokasi yang digunakan di pantai.

 

Rionny menambahkan pihaknya sudah mencoba memainkan airbadminton. Para pemain sangat antusias. Ia mengatakan dari segi feeling dan teknis tidak ada kendala berarti. Hanya saja harus ada adaptasi dengan aturan airbadminton.

 

“Terutama yang tiga lawan tiga. Itu agak berbeda memang. Juga kondisi angin yang tidak bisa diprediksi. Ini benar-benar main di luar lapangan,” kata mantan pelatih ganda putra Jepang itu.

 

AWBG 2023 akan berlangsung di Bali pada 5-12 Agustus mendatang. Airbadminton merupakan salah satu cabang olahraga tambahan. Total AWBG 2023 mempertandingkan 14 cabang olahraga air dan pantai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: