Chico Aura Dwi Wardoyo Juara Taipei Open 2023, Pelatih: Tenang dan Percaya Diri Jadi Kunci

Chico Aura Dwi Wardoyo Juara Taipei Open 2023, Pelatih: Tenang dan Percaya Diri Jadi Kunci

Chico Aura Dwi Wardoyo menjadi juara Taipei Open 2023 usai mengalahkan Su Li Yang-PBSI-

HARIAN DISWAYChico Aura Dwi Wardoyo meraih gelar BWF World Tour keduanya. Ia menjadi juara Taipei Open 2023 setelah mengalahkan wakil tuan rumah, Su Li-yang dengan skor 23-21. Dalam laga final di Taipei Heping Basketball Gymnasium, Chico membutuhkan waktu 52 menit untuk menyelesaikan pertandingan.

Chico menjadi tunggal putra pertama Indonesia yang juara di ajang Taipei Open dalam 12 tahun terakhir. Mengikuti jejak Simon Santoso (2010) dan Tommy Sugiarto (2011).

’’Ketenangan dan percaya dirinya menjadi kunci kemenangan di final,’’ asisten pelatih Harry Hartono, sebagaimana dikutip dari siaran pers PP PBSI. ’’Kalau melihat dari babak awal sampai final, grafiknya terus naik. Sehingga bisa menjalankan strategi dari pelatih dan berani ambil keputusan,’’ ulas Harry.

Chico mengawali turnamen dengan mengalahkan Lu Chia-hung 21-17, 21-6 di babak pertama. Kemudian mendapat perlawanan keras dari Leong Jun-hao 21-18, 14-21, 21-16. Berlanjut dengan menumbangkan unggulan keempat asal Jepang, Kenta Nishimoto 21-13, 21-15. Chico kemudian memastikan tiket final setelah menang atas wakil tuan rumah juga, Wang Tzu-wei 21-6, 21-18.

’’Chico sangat menikmati permainan setiap turun di lapangan. Dalam setiap kejuaraan itu ada target. Tetapi bukan beban. Jadi, harus diperjuangkan semaksimal mungkin,’’ papar Harry.

Chico Aura Dwi Wardoyo memang belum mencapai hasil maksimal di lima turnamen sebelumnya. Ia tidak pernah lolos dari babak 16 besar. Capaian terbaik Chico tahun ini adalah finalis Indonesia Masters 2023. Namun, pada laga puncak, pemain 25 tahun itu harus mengakui keunggulan rekan senegaranya, Jonatan Christie.

’’Performa turnamen sebelumnya itu tidak buruk. Hanya saja, ia harus lebih teliti dan berani di poin-poin akhir,’’ jelas Harry. ’’Saya yakin Chico meningkatkan itu semua. Ia membuktikan belajar dari evaluasi dan hasilnya juara di Taipei,’’ lanjutnya.

Taipei Open 2023 merupakan gelar kedua Chico di ajang BWF Tour. Sebelumnya, peraih perunggu Kejuaraan Asia 2022 itu menyabet gelar Malaysia Masters 2022. Dalam babak final turnamen berlevel Super 500 itu, Chico unggul atas pemain Hongkong Ng Ka Long Angus. (*)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pp pbsi