Puncak Haji 29 Juni, Jamaah Haji Mulai Wukuf Hari Selasa

Puncak Haji 29 Juni, Jamaah Haji Mulai Wukuf Hari Selasa

Menurut Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama pada Sabtu dan Minggu mendatang saatnya perbaiki arah kiblat salat bagi umat muslim. -Kemenag-

HARIAN DISWAY  - Pemerintah Arab Saudi telah menetapkan 1 Zulhijjah 1444 H jatuh pada 19 Juni 2023. Karenanya, wukuf di Arafah pada 9 Zulhijah 1444 H akan dimulai dengan Selasa, 27 Juni 2023. 

Jemaah haji Indonesia secara bertahap akan diberangkatkan dari hotel mereka masing-masing menuju Arafah pada 26 Juni 2023.

Sebelumnya, fase kedatangan jemaah haji Indonesia 1444 H di Makkah Al-Mukarramah rampung pada hari Sabtu 24 Juni 2023). 

Tiga kelompok terbang (kloter) terakhir mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz (KIAA), Jeddah meliputi kloter 87 dan 88 Embarkasi Surabaya (SUB 87 dan SUB 88), serta kloter 34 Embarkasi Batam (BTH 34).

BACA JUGA:Mahfud MD Sebut Pelanggaran HAM Berat Sulit Dibuktikan Secara Hukum

BACA JUGA:Mahfud MD Bicara 12 Peristiwa Pelanggaran HAM Berat yang Diakui Pemerintah, Ini Daftarnya

“Alhamdulillah, proses kedatangan jemaah haji Indonesia di Makkah sudah selesai semua, ditandai kedatangan tiga kloter terakhir,” terang Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Subhan Cholid di Makkah, Sabtu. 

Fase kedatangan jemaah haji Indonesia berlangsung sejak 24 Mei 2023. Meliputi gelombang pertama yang mengangkut 103.809 jemaah mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah

Mereka terbagi dalam 276 kelompok terbang (kloter). Kemudian disusul gelombang kedua sebanyak 105.973 jemaah yang tergabung dalam 282 kloter mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz-Jeddah. 

BACA JUGA:Review Film Extraction 2: Adegan Laga Lebih Intens, Penonton Ikutan Tegang

BACA JUGA:Polisi Ungkap Identitas dan Penyebab Kematian Jenazah Pria di Tol Sumo

“Jadi, ada 558 kloter dengan 209.782 jemaah yang telah diberangkatkan dari Tanah Air menuju Tanah Suci. Mulai hari ini, seluruh jemaah haji Indonesia sudah berada di Makkah untuk bersiap menjalani prosesi puncak haji di Arafah – Muzdalifah – Mina atau Armina,” papar Subhan Cholid.

“Puncak haji semakin dekat. Kami imbau seluruh jemaah haji Indonesia untuk menjaga stamina dan kondisi kesehatannya untuk persiapan menjalani wukuf di Arafah serta mabit di Muzdalifah dan Mina,” pesan Subhan.

“Untuk jemaah yang baru datang, setelah menyelesaikan Umrah Wajib, agar memanfaatkan sisa waktu yang ada untuk beristirahat dan mempersiapkan diri menjalani puncak haji,” sambungnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: