Toni Firmansyah Aset Menjanjikan Persebaya

Toni Firmansyah Aset Menjanjikan Persebaya

Potret Toni Firmansyah saat mencetak gol ke gawang Persis Solo pada laga pra-musim (Sabtu, 24 Juni 2023)-Official Persebaya-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Gelandang Persebaya Toni Firmansyah banjir pujian di debutnya saat melawan Persis Solo, 24 Juni 2023 lalu. Arek Benowo itu ternyata masih berusia 18 tahun.

Toni menggantikan Denny Agus pada babak kedua di Stadion Manahan Solo. Ia adalah lulusan Elite Pro Academy (EPA) yang memulai perjalanan karir dari klub internal Putra Mars. Berkat kemampuan yang luar biasa, ia kemudian direkrut ke dalam skuad Persebaya U-13 pada tahun 2018. Pada tahun yang sama, Toni berhasil membawa tim Persebaya U-13 meraih gelar Juara Piala Soeratin.

Prestasi Toni tidak berhenti di situ. Pada tahun 2018, ia juga membawa timnya finis di peringkat ketiga di EPA U-16, dan pada tahun 2022, dia berhasil meraih posisi ketiga di EPA U-18. Selama bermain di EPA Liga 1 U-18 bersama Persebaya, Toni mencetak 15 gol dari 13 pertandingan. Bahkan, dari total gol tersebut, ia mencetak dua kali brace dan dua kali hattrick.

Debutnya bersama Persebaya dalam laga pra-musim juga menunjukkan statistik yang membanggakan. Toni mampu mengatur ritme permainan, mengalirkan bola dengan cepat ke jantung pertahanan lawan. Toni juga memiliki kemampuan bertahan yang solid.

BACA JUGA:Persebaya Tak Bisa Pakai THOR dan Gelora 10 November, Ini Klarifikasi Doni dari PT Virama Karya

BACA JUGA:Persis vs Persebaya: Kedalaman Skuad Pasukan Aji Santoso Menjanjikan

Dalam pertandingan tersebut, ia mencatatkan satu gol, satu assist, serta dua tembakan tepat sasaran. Capaian itu, menjadi bukti bahwa pemuda yang dibina oleh klub internal Persebaya ini memiliki potensi yang sangat menjanjikan.


Darah muda Persebaya, Kardanu Setiawan,Toni Firmansyah, Muhammad Iqbal, dan Muhammad Duta.-Persebaya-

Bahkan setelah mencetak gol penyama kedudukan, Toni Firmansyah terlihat menangis haru. Gol tersebut tercipta melalui sepakan kaki kirinya pada menit ke-80, dan momen itu membangkitkan kenangan akan perjuangannya untuk bisa masuk ke tim utama Persebaya.

Nama Toni sempat muncul saat mengikuti trial pertama bersama Muhammad Iqbal dan Kardanu Setiawan pada akhir Desember 2022, tetapi saat itu iabelum beruntung untuk masuk ke tim utama. Pada bulan Mei 2023, kesempatan kedua Toni untuk mengikuti trial datang, dan kali ini iaberhasil membuka pintu menuju mimpi bermain di tim utama Persebaya.

BACA JUGA:Ripal Wahyudi Tampil Memesona di Surabaya 730 Game

BACA JUGA:Meneladani Etos Kerja Jepang dari Sho Yamamoto

"Alhamdulillah, saya bisa mencetak gol perdana dengan seragam Bajol Ijo. Ini adalah impian saya untuk tampil baik. Ketika saya mencetak gol, saya menangis terharu mengingat perjuangan saya untuk bisa masuk ke tim senior," ungkap Toni yang dikutip dari laman resmi Persebaya.

Toni Firmansyah semakin menunjukkan bakatnya sebagai pemain muda yang memiliki potensi besar. Persebaya dan Bonek kini penuh harap bahwa Toni akan terus berkembang dan memberikan kontribusi yang luar biasa bagi tim kebanggaan mereka di masa depan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: