Aksesori Pintar Tetap Laris di Tiongkok Meski Penjualan Turun

Aksesori Pintar Tetap Laris di Tiongkok Meski Penjualan Turun

PENGUNJUNG PAMERAN Hong Kong Electronic Fair 2023 mengamati jam pintar, 12 April 2023.-PETER PARKS-AFP-

BEIJING, HARIAN DISWAY – Produksi aksesori pintar di Tiongkok masih menjanjikan. Pada kuartal pertama tahun ini, volume produksinya mencapai 24,71 juta unit. Menurut laporan perusahaan riset IDC, angka itu memang turun 4,1 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

 

Yang cukup laris adalah gelang pintar. Produknya mencapai 2,85 juta atau meningkat 8,5 persen dibanding tahun lalu.

 

Menurut IDC, gelang pintar adalah wearable device yang laku karena harganya murah. Ia bisa masuk ke level ekonomi masyarakat menengah. Dan kelas menengah ini sedang royal karena ekonomi Tiongkok terus membaik setelah dibekap pandemi Covid-19.

 

BACA JUGA : Kota di Tiongkok Makin Makmur, Enam Masuk Daftar Kota Berpenduduk Terkaya di Dunia

 

Pengiriman smartwatch mencapai 5,9 juta perangkat di negara tersebut dalam tiga bulan pertama. Angka tersebut turun sebesar 16,7 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Produksi smartwatch untuk orang dewasa dan anak-anak mencapai 3,1 juta dan 2,8 juta perangkat. turun masing-masing sebesar 19,5 persen dan 13,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

 

Namun, pasar perangkat wearable mengalami tren yang berlawanan dalam penjualan dan produksi pada kuartal pertama tahun ini, kata IDC.

 

Menurut laporan pelacakan penjualan dari IDC, volume penjualan smartwatch untuk orang dewasa dan anak-anak, serta gelang gelang pintar, tumbuh sebesar 1,8 persen, 2,2 persen, dan 10,6 persen secara berturut-turut dibandingkan tahun sebelumnya dalam tiga bulan pertama. Pasar smartwatch menunjukkan tren pemulihan yang kecil. Itu jika dilihat dari sisi penjualan.

 

BACA JUGA : Tiongkok Punya 5,21 Juta Titik Pengisian Mobil Listrik

 

IDC mengatakan bahwa pasar perangkat wearable masih memiliki peluang pertumbuhan tahun ini. Sebab, smartwatch baru akan dilengkapi dengan lebih banyak fungsi terkait kesehatan. Sedangkan gelang pintar akan juga akan laris karena gairah belanja kelompok berpendapatan rendah dan menengah. (Doan Widhiandono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: