Kota di Tiongkok Makin Makmur, Enam Masuk Daftar Kota Berpenduduk Terkaya di Dunia

Kota di Tiongkok Makin Makmur, Enam Masuk Daftar Kota Berpenduduk Terkaya di Dunia

CAKRAWALA SHANGHAI yang dipenuhi gedung-gedung tinggi di tepi Sungai Huangpu, 7 September 2022. Jumlah orang kaya di kota itu naik 72 persen dibanding tahun lalu.-HECTOR RETAMAL-AFP -

NEW YORK, HARIAN DISWAY – Tidak ada yang menyangkal bahwa ekonomi Tiongkok maju begitu pesat dalam dua dekade terakhir ini. Negeri Panda itu menjadi kekuatan ekonomi terbesar nomor dua di dunia di bawah Amerika Serikat. Tak heran, kota-kota di Tiongkok pun menyembul pada daftar kota paling makmur sejagat.

 

Hal itu tampak pada laporan Henley & Partners serta New World Health. Seperti dirilis oleh China Daily, Rabu, 3 April 2023, ada enam kota di Tiongkok yang masuk dalam 100 kota berpenduduk termakmur di dunia. Dan pertumbuhan kota-kota itu pesat banget.

 

Penduduk makmur itu diartikan dengan mereka yang punya kekayaan investasi lebih dari USD 1 juta atau sekitar Rp 15 miliar. Dan yang memuncaki ’’klasemen’’ adalah New York City (lihat grafis).

 


-Ilustrasi: Annisa Salsabila-Harian Disway-

 

Nah, dari 10 besar kota berpenduduk kaya itu, Tiongkok memasukkan tiga kota. Yakni, Beijing, Shanghai, dan Hong Kong. Dibandingkan tahun lalu, jumlah orang kaya di Beijing naik 70 persen. Sedangkan di Shanghai naik 72 persen. Yang drop justru Hong Kong. Yakni, turun 27 persen.

 

Kota lain juga tidak kalah pertumbuhannya. Sebut saja Shenzhen (98 persen), Hangzhou (105 persen), atau Guangzhou (86 persen).

 

Kenaikan itu disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi yang cepat selama beberapa dekade terakhir. Selain itu, kebijakan Tiongkok juga sangat mendukung perkembangan sektor keuangan dan teknologi. Perusahaan global pun membuka kantor serta memperluas bisnis di kota-kota besar Tiongkok.

 

Dalam laporan tersebut juga disebutkan bahwa kota-kota di Asia Pasifik menjadi tempat yang semakin menarik bagi para jutawan global. Terutama di Tiongkok, Jepang, dan Korsel. Populasi individu berpenghasilan tinggi di Asia Pasifik diperkirakan akan terus tumbuh di masa depan. Terutama dengan meningkatnya jumlah miliarder dan inovasi di sektor teknologi. (Doan Widhiandono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: