Cheng Yu Pilihan Managing Partner Ansugi Law Michael Sugijanto: Da Dao Kuo Fu

Cheng Yu Pilihan Managing Partner Ansugi Law Michael Sugijanto: Da Dao Kuo Fu

Cheng Yu Michael Sugijanto --

BERANI mengambil keputusan, atau yang dalam pepatah klasik Tiongkok sebut sebagai "大刀阔斧" (dà dāo kuò fǔ), adalah tabiat positif dari Michael Sugijanto hingga meraih sukses. Itulah mengapa dia berani untuk melakukan handover jabatan managing partner dari firma hukum Ansugi Law kepada Anthonius Adhi Soedibyo SH MHum sejak 27 April 2023.

Dalam perusahaan, dikenal posisi direktur sebagai pelaksana sekaligus wajah perusahaan. Nah, dalam firma hukum dikenal posisi managing partner dan senior/junior partner. Selain menjadi wajah dari firma, managing partner juga berkewajiban untuk mengatur pembagian tugas bagi para partners dan associates lainnya. 

Sedangkan senior/junior partners fokusnya hanya pada client acquisition dan penanganan perkara. “Pengacara itu profesi yang mandiri. Jadi, semakin jauh dari manajemen, semakin leluasa pula seorang partner dapat mengharumkan nama dan firma hukumnya,” kata Michael.

Di Ansugi Law, Michael sebelumnya memegang jabatan senior/junior partners. Beberapa prestasi telah ia torehkan selama masa jabatannya. Khususnya di bidang pembangunan struktur organisasi, clients acquisition, hingga berhasil membawa platform digital Ansugi Law menjadi firma hukum dengan jumlah followers terbanyak di Instagram dan berbagai platform digital lainnya.

Michael belum ditunjuk untuk menjadi managing partner di awal karena, pada saat itu, basis klien Ansugi Law lebih ke arah litigasi. "Jadi saya yang lebih pas untuk turun ke lapangan. Jadi jangan heran ketika melihat sebuah firma hukum bertukar posisi seperti kita ini. Sebuah firma hukum yang menerapkan asas good corporate governance pasti tidak takut untuk selalu beradaptasi demi memberikan layanan terbaik melalui orang-orang yang terbaik," bebernya.

Maka menurut Michael, ada beberapa pertimbangan dari handover posisi tersebut. “Alasan utamanya pasti untuk efisiensi layanan firma, ya," katanya.

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Presenter Olahraga Stewart Henry Pesch: Zhi Zhi Bu Dai

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan: Puteri Indonesia Lingkungan 2020 Putu Ayu Saraswati: Jiao Ta Shi Di

Ini karena belakangan, Ansugi Law didominasi oleh klien-klien yang secara intensif mengadakan hubungan internasional. Mulai dari kontrak penyediaan barang ke Amerika Serikat, kontrak endorsement ke Korea Selatan, pendaftaran merek Italia dan Malaysia, hingga akuisisi perusahaan Prancis. Semuanya wajib dilakukan dengan bahasa Inggris. Sebagai lulusan dari Amerika Serikat, tentunya kemampuan dan atensi Michael itu menjadi sangat krusial.

Dengan posisinya yang baru itu, Michael sangat antusias dengan restrukturisasi manajemen ini. “Restrukturisasi ini baru berjalan kurang lebih satu minggu, tapi sudah terasa perbedaannya. Sebagai senior partner yang baru, saya tidak perlu terlibat dalam day-to-day manajemen kantor," katanya. 

Ia juga bisa lebih fokus melakukan hal-hal yang saya sukai dari dunia hukum, seperti berdiskusi tentang kontrak internasional dengan klien lokal maupun luar kota, atau lebih aktif mengajar.

"Dua tahun akhir ini, banyak proposal mengajar di kampus-kampus yang saya tolak karena terbatasnya waktu. Tapi sekarang semuanya bisa dilakukan karena saya bisa fokus melakukan tugas saya. Ini sebuah keputusan penting tidak hanya untuk saya tapi juga untuk firma hukum yang saya pegang," katanya. (Heti Palestina Yunani)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: