Lempar Jumrah Selesai, Jemaah Nafar Awal Diantar Kembali ke Makkah

Lempar Jumrah Selesai, Jemaah Nafar Awal Diantar Kembali ke Makkah

Jamaah haji bersiap keluar dari Mina dan kembali ke Makkah-Kemenag-

HARIAN DISWAY - Jamaah haji yang mengambil nafar awal telah menyelesaikan kewajiban melempar jumroh di Mina pada 12 Dzulhijjah atau 30 Juni 2023. 

Para jemaah Nafar Awal tersebut kini mulai meninggalkan Mina untuk kembali ke hotel setelah selesai menjalani lempar jumrah dan Tahalul Awal (bercukur pertama) 

Nafar Awal diambil oleh jamaah yang berencana untuk keluar dari Mina pada 12 Dzulhijjah sebelum terbenamnya matahari.

BACA JUGA:Kabar Dari Tanah Suci (17): Kepala Pun Kena Lemparan Kerikil

Jubir PPIH Pusat Akhmad Fauzin mengungkapkan, penjemputan dari Mina menuju hotel di Makkah, dimulai dari pagi hari hingga selesai. “Jemaah akan dijemput di tenda dan diantar ke hotel masing-masing di Makkah,” jelas Fauzin Jumat, 30 Juni. 

Fauzin menjelaskan, para petugas haji khususnya yang bertugas di pemondokan telah bersiap menyambut jemaah yang akan kembali ke hotel. 

BACA JUGA:Jamaah Mulai Melontar Jumroh di Mina

Setibanya di hotel, pemerintah mengimbau jemaah agar beristirahat penuh terlebih dahulu untuk memulihkan stamina sebelum menyelesaikan rangkaian rukun dan wajib haji lainnya yaitu Thawaf Ifadlah dan Sa'i di Masjidil Haram dilanjutkan Tahallul Tsaani (bercukur kedua). 

BACA JUGA:Kemenag Imbau Barang Bawaan Jemaah Haji Ditimbang Dua Hari Sebelum Pulang

“Rangkaian Thawaf Ifadhah dan Sa'i membutuhkan ketahanan fisik yang prima, terlebih bagi jemaah lansia dan risiko tinggi (risti),” kata Fauzin.

Selain itu, bus shalawat yang sempat berhenti beroperasi akan kembali melayani jamaah dari hotel ke Masjidil Haram. 

“Bus shalawat akan mulai beroperasi kembali pada 14 Dzulhijjah 1444 H atau 2 Juli 2023. Layanan katering pada hotel di Makkah akan mulai diberikan kembali pada 16 Dzulhijjah 1444 H atau 4 Juli 2023,” ujar dia.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: