Baiss Gondrong, Vokalis Baru Power Metal (4): Berkah Setelah “Naik Dua” Viral

Baiss Gondrong, Vokalis Baru Power Metal (4): Berkah Setelah “Naik Dua” Viral

Warna vokal Baiss Gondrong yang cocok dengan lagu-lagu Power Metal. -Julian Romadhon-

HARIAN DISWAY - Bersama Ninentynine Band, Baiss Gondrong mulai dikenal luas. Apalagi setelah perkenalannya dengan Totty Moekardiono yang menjadi titik tolaknya terhubung dengan Power Metal.
 
Di sebuah hotel di Medan itulah awal perkenalan Baiss dengan Totty Moekardiono. Manajer sekaligus mantan vokalis pertama Power Metal. Totty tertarik dengan warna vokal Baiss.
 
Kebetulan salah satu pengunjung kafe meminta Baiss untuk membawakan salah satu lagu band asal Surabaya itu.Ternyata warna vokal Baiss cocok dengan lagu-lagu Power Metal. Saat itu Totty juga meminta Baiss untuk membawakan Jump, karya Van Halen.
 
Namun, tak ada pembicaraan yang mengarah soal Power Metal. Sebab, saat itu personelnya masih utuh. Arul Efansyah masih menjadi vokalis. "Pertemuan itu begitu berkesan bagi saya. Pertama kali bertatap muka dengan Pak Totty. Saat itu beliau datang ke hotel dari Jakarta," kenang Baiss.
Channel YouTube pribadi milik Budiawan TV berjudul Tinggi Sekali Suaranya, She's Gone Dinaikin Dua yang beberapa hari setelah ditayangkan langsung viral. Jutaan viewers dan ratusan komentar membanjiri unggahan itu. -YouTube-

 
Saat itu ia masih bermain dengan Ninentynine Band. Berbagai tempat hiburan di Medan menjadi sasaran pementasan mereka. Baiss pernah memukau pengunjung karena berhasil menyelesaikan tantangan demi tantangan yang diberikan. 
 
Misalnya diberi challenge menyanyikan lagu She's Gone. Lagu karya Steelheart itu dikenal sebagai lagu dengan teknik vokal bernada tinggi. Tak semua orang mampu membawakannya dengan baik.
 
Tapi bagi Baiss, lagu itu mudah dibawakan. Karena range vokalnya sesuai. Tantangan selanjutnya menyanyikannya dengan menaikkan nada dasar. "Ditantang naik 1, berhasil. Naik 2 nada, saya coba lagi, eh, saya bisa. Ditantang naik 3 nada, saya bilang, gendeng kamu, ya!," guraunya, kemudian tertawa.
 
Tapi nyatanya She's Gone naik tiga nada itu berhasil ia lakukan. "Ya, tapi ususnya sudah mau keluar," katanya, lalu terbahak. Dari challenge itu, seorang YouTuber bernama Budiawan tertarik.
 
Seminggu berselang, ia menghubungi Baiss. Tujuannya ingin merekam performance-nya ketika menyanyikan She's Gone dengan nada dasar dinaikkan tiga. "Waduh, saya sedang flu berat, kata saya. Ketika itu memang saya sedang tak enak badan. Saya tawar, naik dua fret saja. Kalau naik tiga agak sulit," ujar pria bernama asli Iskandar Ismail itu.
 
Budiawan setuju. Sore harinya, ia menunggu Baiss di pub tempat Ninentynine bermain. Berbagai peralatan disiapkan. Tripod, kamera, dan semacamnya. Usai tiga vokalis Ninentynine lain bernyanyi, giliran Baiss. Sesuai permintaan, ia menyanyikan She's Gone dengan nada dasar dinaikkan dua fret. Dari nada asli C-minor menjadi D-minor.
 
Meski katanya tak enak badan, Baiss dapat menyanyikan lagu itu dengan baik. Budiawan merekamnya. Lalu mengunggahnya lewat YouTube. Melalui channel pribadinya: Budiawan TV. Ia memberi judul: Tinggi Sekali Suaranya, She's Gone Dinaikin Dua. 
 
Beberapa hari setelah ditayangkan, video itu viral. Jutaan viewers dan ratusan komentar membanjiri unggahan itu. Apresiasi positif terhadap Baiss bermunculan. Sejak itu namanya semakin melambung. Hingga pernah diundang dalam acara stasiun televisi swasta.
 
Video itu sampai juga ke telinga para personel Power Metal di Surabaya. Saat itu formasi Power Metal masih utuh. Belum ada masalah dengan Arul Efansyah, vokalis. Mereka hanya mengagumi karakter vokal Baiss dan range vokalnya yang tinggi.
 
Pada 2020, pandemi melanda. Baiss dan kawan-kawan tak lagi mendapat job manggung karena semua tempat hiburan ditutup. Pada masa itu ia sempat berkomunikasi dengan Ipunk, gitaris Power Metal. "Lewat nomor WhatsApp Mas Ipunk, saya hanya ingin berbagi kabar. Ia merespons dengan baik. Waktu itu pembicaraan kami hanya sekadar itu," katanya.
Formasi Ninentynine Band, grup musik tempat Baiss Gondrong bergabung sebelum bersama Power Metal. -Ninetynine Band-

 
Hingga pada 2021, gonjang-ganjing di internal Power Metal muncul. Arul ditengarai bergabung dengan para mantan personel Power Metal. Dengan band baru mereka bernama XReal. Meski alasannya hanya jam session, tapi bagi manajemen hal itu tidak bisa diterima. Hingga Arul resmi dikeluarkan dari Power Metal. 
 
Sejak itu Power Metal mulai mencari pengganti yang cocok. Sangat sulit menggantikan sosok vokalis dengan citra yang telah melekat. Mereka harus mencari vokalis baru dengan range, power, dan stamina yang setidaknya menyamai Arul. Juga karakter vokal yang berbeda supaya Power Metal dapat lepas dari bayang-bayang Arul.

BACA JUGA:Bais Jadi Vokalis Baru Power Metal, Kuat Nyanyikan She’s Gone Naik Dua Oktaf

Belum lagi anggapan fans. Mereka belum tentu dapat menerima pergantian itu. Sekali pun vokalis yang baru memiliki teknik dan kelebihan-kelebihan lain yang dimiliki Arul. "Kalau dari cerita kawan-kawan, kandidatnya dulu dari berbagai daerah. Termasuk Candil, eks vokalis Seurieus," ujar Baiss.
 
Nama Baiss masuk dalam kandidat vokalis pengganti. Bahkan, sosok Baiss pun telah dimonitor oleh para personel Power Metal selama dua bulan. Intens melalui YouTube dan berbagai media sosial yang menayangkan sosoknya. 
 
Hingga kabar itu datang pada 2 April 2021. Tepat pukul 12.30 siang, Jumat, Baiss mendapat pesan di WhatsApp dari Ipunk Power Metal: Kami sedang ada pembaruan di sektor vokal. Tapi sayang Baiss tinggal di Medan, bukan di Jawa. (Heti Palestina Yunani-Guruh Dimas N)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: