Nandur Bareng Pertamina Foundation, UGM dan Universitas Pertamina Untuk Tingkatkan Serapan Karbon

Nandur Bareng Pertamina Foundation, UGM dan Universitas Pertamina Untuk Tingkatkan Serapan Karbon

Nandur bareng Pertamina Foundation, Universitas Pertamina, dan UGM-Pertamina Foundation-

YOGYAKARTA, HARIAN DISWAYPertamina Foundation beserta Civitas Akademika Universitas Pertamina dan Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada melakukan aksi tanam pohon bersama. 

Kegiatan yang bertajuk “Nandur Bareng Untuk Energi Hijau dan Peningkatan Serapan Karbon” tersebut dilaksanakan di Arboretum Fakultas Kehutanan UGM 28 Juni 2023.

Kegiatan nandur bareng menjadi rangkaian dari acara Rakor Tahunan Yayasan Pertamina tahun 2023 yang dihadiri oleh Erry Sugiharto dan Mulyono selaku Dewan Pembina Pertamina Foundation serta Narendra Widjajanto, Ernie D. Ginting, dan Syahrial Mukhtar selaku Dewan Pengawas Pertamina Foundation

BACA JUGA:Program Pertamina Foundation Raih Bintang Lima Top CSR Awards 2023

Jajaran Dewan Pengurus Pertamina Foundation dan Rektorat Universitas Pertamina juga turut andil dalam kegiatan ini. 

Nandur bareng diikuti juga oleh jajaran Dekanat Fakultas Kehutanan UGM, Ketua Prodi S3 Doktor Ilmu Kehutanan, Kepala Departemen Teknologi Hasil Hutan serta Staf Fakultas Kehutanan UGM.

Pohon yang ditanam yakni Nyamplung dan Kepuh yang merupakan salah satu jenis tanaman yang berpotensi guna penyerapan karbon dan penghasil buah untuk diolah menjadi biodiesel (EBT). 

BACA JUGA:Di Forum Nikkei Asia, Pertamina Tegaskan Komitmen Mencapai Net Zero Emission

Di samping itu, terdapat pula Shorea selanica atau Meranti merah yang merupakan salah jenis tanaman yang berpotensi sebagai penyimpan karbon dan penjaga kelestarian hutan hujan tropis Indonesia.

Direktur SDM PT Pertamina (Persero) dan Dewan Pembina Pertamina Foundation Erry Sugiharto menyampaikan bahwa keberadaan hutan mempunyai potensi yang besar mendukung  pengembangan EBT. 

“Pertamina melalui Pertamina Foundation berperan aktif dalam pengembangan bioenergi berbasis hutan energi,” jelas Erry. 

BACA JUGA:Pertamina Berkomitmen Wujudkan NZE 2060

Di samping itu, pembangunan hutan energi merupakan wujud komitmen Pertamina untuk mendukung program pemerintah dalam penurunan emisi atau net zero emission 2060. 

Di sisi lain, lanjut Erry, kegiatan pembangunan hutan energi yang akan dibangun di KHDTK UGM juga akan mendorong keterlibatan masyarakat sekitar hutan melalui kegiatan-kegiatan agroforestri dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: